BLT BPNT Cair Juni 2024 Tanggal Berapa? Cek Daftar Nama Penerima Bansos Pakai Data KTP di Link Kemensos

- 5 Juni 2024, 07:05 WIB
Ilustrasi -BLT BPNT cair Juni 2024 tanggal berapa? Simak cara cek daftar nama penerima bansos pakai data KTP di link Kemensos.
Ilustrasi -BLT BPNT cair Juni 2024 tanggal berapa? Simak cara cek daftar nama penerima bansos pakai data KTP di link Kemensos. /Tangkap Layar Instagran.com/ @kemensosri

BERITA DIY - BLT BPNT cair Juni 2024 tanggal berapa? Simak cara cek daftar nama penerima bansos pakai data KTP di link Kemensos.

Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) merupakan bansos dari pemerintah yang diberikan kepada masyarakat dengan kategori miskin setiap tahunnya.

Pada tahun 2024, BPNT diberikan kepada lebih dari 10 juta penerima dengan nominal Rp 200.000 per bulan. Maka, dalam setahun, penerima akan mendapatkan bantuan sebesar Rp 2.400.000.

Tidak jauh berbeda dengan bansos pemerintah lainnya, BPNT diberikan dengan tujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat miskin. Adapun untuk jangka panjang, BPNT bertujuan untuk mengurangi angka kemiskinan.

Baca Juga: Cek Bansos BPNT Bulan Mei Juni SUDAH CAIR Rp 400 Ribu di Daerah Ini! Cek Status Penerima Lewat HP

Dalam penyaluran bansos termasuk BPNT, pemerintah bekerja sama dengan himpunan bank negara yakni BNI, BRI, dan BTN, serta kantor pos.

Pencairan via bank dilakukan melalui rekening KKS (Kartu Keluarga Sejahtera). Sedangkan penyaluran via kantor pos, dilakukan setiap akhir pekan dengan adanya undangan pengambilan uang yang dikirimkan kepada para penerima bantuan.

Jadwal pencairan BPNT Juni 2024

Pencairan BPNT dilakukan setiap bulan selama setahun penuh. Pada bulan Juni 2024 merupakan penyaluran yang ke-6.

Halaman:

Editor: Muhammad Suria


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah