Cek Bansos 600 Ribu Cair Lagi ke 18,8 Juta KPM Bukan BLT El Nino dan PKH, Ini Jadwal dan Mekanisme Pencairan

- 30 Januari 2024, 12:30 WIB
Ilustrasi - Jadwal dan mekanisme pencairan bansos 600 ribu dari pemerintah ke 18,8 juta KPM bukan BLT El Nino dan PKH.
Ilustrasi - Jadwal dan mekanisme pencairan bansos 600 ribu dari pemerintah ke 18,8 juta KPM bukan BLT El Nino dan PKH. /PIXABAY/IqbalStock

BERITA DIY - Simak informasi cara cek bansos 600 ribu yang akan cair lagi ke 18,8 juta KPM bukan BLT El Nino dan PKH, berikut jadwal dan mekanisme pencairan, berikut ini.

Kabar gembira bagi keluarga penerima manfaat (KPM) karena bisa mendapatkan bantuan sosial (bansos) sebesar 600 ribu yang akan cair kepada 18,8 juta KPM.

Dilansir dari antaranews, diketahui program banttuan langsung tunai atau BLT 600 ribu merupakan pengganti program BLT El Nino yang sebelumnya diberikan pada akhir tahun 2023.

Tujuannya pun tak jauh berbeda yaitu untuk mitigasi risiko pangan selama tiga bulan dan akan dievaluasi tiga bulan kemudian.

Baca Juga: PAKAI KTP dan KK KLAIM Saldo Dana Gratis dari Pemerintah, Cair 4.200.000 Tak Perlu Link Dana Kaget Tak Diundi

Sebagai informasi, sebelumnya BLT El Nino sebelumnya diberikan dengan nominal Rp200 ribu per bulan selama dua bulan yaitu bulan November dan Desember.

Penerima bansos BLT El Nino yang lalu adalah 18,8 juta KPM secara nasional yang datanya dihimpun oleh PMK atau Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan.

Maka tidak semua KPM yang mendapat BLT El Nino juga dapat bantuan cadangan beras dan bansos reguler PKH. Meski biasanya datanya akan diambil dari DTKS Kemensos.

Bansos 600 ribu yang akan kembali cair di awal tahun 2024 ini juga berbeda dengan bansos PKH, di mana tidak semua penerima PKH bisa dapat bansos 600 ribu ini.

Halaman:

Editor: Sani Charonni


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x