Cek NIK NISN PIP Agustus 2023 Cair dan Ini Cara agar Dana BLT Siswa SD - SMA Masuk ke Rekening BRI BNI

- 30 Agustus 2023, 11:05 WIB
Ilustrasi- Buku rekening SIMPEL, cek NIK dan NISN bantuan PIP Agustus 2023 cair, serta ini cara agar dana BLT siswa SD - SMA masuk ke rekening BRI atau BNI.
Ilustrasi- Buku rekening SIMPEL, cek NIK dan NISN bantuan PIP Agustus 2023 cair, serta ini cara agar dana BLT siswa SD - SMA masuk ke rekening BRI atau BNI. /Tangkap layar instagram.com/@sobatpip
 
BERITA DIY - Berikut cek NIK dan NISN PIP Agustus 2023 cair, serta ini cara agar dana BLT siswa SD - SMA masuk ke rekening BRI atau BNI.
 
Bantuan PIP dari pemerintah pada bulan Agustus 2023 kembali cair ke rekening, siswa SD - SMA sederajat bisa cek NIK dan NISN ke pip.kemdikbud.go.id.
 
Kabar pencairan BLT PIP memang selalu ditunggu oleh para orang tua dan siswa pemegang KIP, namun siswa juga perlu tahu status penerimaan bantuan terlebih dahulu dengan cek NIK dan NISN.
 
Langkah tersebut sangat diperlukan untuk mengetahui apakah tercantum sebagai penerima BLT PIP Agustus 2023 atau tidak.
 
 
Saat cek NIK dan NISN, siswa tercantum dalam SK Pemberian maka bisa dipastikan BLT PIP Kemdikbud Agustus 2033 sedang dalam proses pencairan ke rekening BRI atau BNI.
 
Sementara bagi siswa yang masih tercantum di SK Nominasi dan belum masuk pada SK Pemberian, itu tandanya siswa belum melakukan aktivasi rekening.
 
Dengan begitu, bantuan PIP pencairan Agustus 2023 ini bisa saja dikembalikan lagi ke kas negara dan gagal cair ke rekening BRI dan BNI pada tahap 2 ini.
 
Namun siswa nominasi PIP tidak perlu untuk berkecil hati, karena masih ada kesempatan pencairan BLT pada tahap 3 yang diperkirakan mulai Oktober - Desember nanti.
 
 
Siswa yang datanya tercantum di SK Nominasi bisa melalukan aktivasi rekening ke bank BRI atau BNI dengan membawa identitas diri dan surat keterangan dari sekolah.
 
Sedangkan bagi siswa yang belum memiliki KIP namun berasal dari keluarga kurang mampu, juga memiliki kesempatan untuk mendapatkan BLT PIP 2023.
 
Siswa SD - SMA bisa menggunakan KKS ataupun meminta SKTM di kelurahan atau desa, untuk didaftarkan di DTKS oleh pihak sekolah sebagai penerima KIP.
 
Terdapat dua kategori lain untuk mendapatkan BLT PIP yaitu data siswa telah terdaftar di DTKS dan ditandai sebagai layak PIP dalam Dapodik.
 
 
Selain itu sekolah juga dapat menandai data siswa layak menerima PIP, yang nantinya akan diusulkan oleh Pemangku Kepentingan kepada Puslapdik.
 
Berikut inilah cara cek penerima PIP Kemdikbud 2023, lengkap dengan cara pengajuan KIP siswa SD - SMA.
 

Cara Cek PIP 2023

 
1. Kunjungi laman pip.kemdikbud.go.id
 
2. Inputkan NISN, NIK siswa, dan hasil penjumlahan
 
3. Klik "Cari Penerima PIP"
 
4. Informasi terkair status penerimaan PIP akan muncul pada sistem
 
 

Cara Pengajuan KIP SD - SMA

 
1. Siapkan berkas berupa:
- KK
- Akta Kelahiran
- Kartu Keluarga Sejahtera (KKS)
- Rapor hasil belajar siswa
- Surat pemberitahuan penerima BSM dari kepala sekolah
 
2. Jika tidak memiliki KKS, siswa bisa meminta SKTM atau Surat Keterangan Tidak Mampu terlebih dahulu di kelurahan 
 
3. Siswa mendaftarkan diri dengan membawa berkas diatas ke pihak sekolah
 
4. Pihak sekolah akan mengusulkan data siswa sebagai penerima KIP ke Dinas Pendidikan setempat
 
5. Data siswa akan didaftarkan ke Dapodik dan melalui proses seleksi
 
6. Kemdikbud akan mengirimkan KIP kepada calon penerima yang lolos
 
Demikianlah cek NIK dan NISN PIP Agustus 2023 cair, serta ini cara agar dana BLT siswa SD - SMA masuk ke rekening BRI atau BNI.***

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x