Bantuan PIP 2023 Gagal Cair ke BRI BNI jika Siswa Tidak Lakukan Ini, Cek NIK NISN di pip.kemdikbud.go.id

- 29 Agustus 2023, 09:26 WIB
Ilustrasi- Uang bantuan PIP Kemdikbud 2023, informasi bantuan PIP 2023 gagal cair ke rekening BRI BNI jika siswa tidak lakukan ini, cek NIK dan NISN di pip.kemdikbud.go.id.
Ilustrasi- Uang bantuan PIP Kemdikbud 2023, informasi bantuan PIP 2023 gagal cair ke rekening BRI BNI jika siswa tidak lakukan ini, cek NIK dan NISN di pip.kemdikbud.go.id. /Unsplash.com/@Mufid Majnun
 
BERITA DIY - Berikut informasi tentang bantuan PIP 2023 gagal cair ke rekening BRI BNI jika siswa tidak lakukan ini, cek NIK dan NISN di pip.kemdikbud.go.id.
 
Pencairan bantuan PIP kepada siswa SD - SMA memang masih saja ditunggu, tetapi siswa harus segera lakukan tindakan ini jika tidak ingin BLT gagal cair.
 
Pada akhir bulan Agustus 2023 ini, penyaluran bantuan BLT PIP yang merupakan tahap 2 masih saja dinantikan para orang tua dan siswa.
 
Bantuan PIP Kemdikbud tahap 2 yang penyalurannya mulai Mei, Juni, Juli, Agustus, hingga September ini dikhususkan bagi siswa pemegang KIP dan berasal dari data usulan pemerintah.
 
 
Namun BLT PIP juga bisa gagal cair ke rekening BRI dan BNI, jika siswa SD - SMA tidak segera lakukan aktivasi rekening sesuai batas waktu yang telah ditentukan.
 
Sedangkan untuk BLT PIP tahap 2, batas aktivasi rekening ke bank penyalur sudah berakhir pada akhir bulan Juli 2023 lalu.
 
Siswa SD - SMA yang tercantum pada SK Nominasi, namun telat tidak melakukan aktivasi rekening, maka akan dibatalkan sebagai penerima PIP dan bantuan gagal cair.
 
Sementara bagi siswa yang sudah melakukan aktivasi rekening, maka akan muncul SK Pemberian pada laman pip.kemdikbud.go.id dan ditetapkan sebagai penerima.
 
 
Siswa bisa cek SK Pemberian maupun status penerimaan lainnya dengan input NIK dan NISN ke laman SIPINTAR pip.kemdikbud.go.id.
 
Bantuan PIP Kemdikbud 2023 ini, tetap akan cair satu kali dalam satu tahun kepada siswa yang datanya telah terdaftar di DTKS dan memenuhi syarat pencairan tiap tahap.
 
Dengan begitu sangat penting untuk cek NIK dan NISN secara berkala di pip.kemdikbud.go.id agar tidak terlambat mendapatkan informasi terkait penerimaan BLT PIP 2023.
 
Adapun setelah bantuan tahap 2 yang berakhir pada September mendatang, BLT PIP 2023 tetap akan kembali disalurkan kepada siswa SD - SMA yang syaratnya memenuhi penyaluran tahap 3.
 
 
BLT PIP tahap 3 yang penyalurannya dijadwalkan pada Oktober, Nopember, hingga Desember mendatang khusus bagi siswa yang berasal dari DTKS dan usulan pemerintah yang baru melakukan aktivasi rekening.
 
Berikut inilah tahap penyaluran bantuan, lengkap dengan cara cek status penerimaan BLT PIP dengan input NIK dan NISN ke laman resmi pip.kemdikbud.go.id.
 
Tahap Penyaluran PIP
 
1. Tahap 1 : Januari, Februari, Maret, April
 
2. Tahap 2 : Mei, Juni, Juli, Agustus, September
 
3. Tahap 3 : Oktober, Nopember, Desember
 
Cara Cek Status Penerimaan PIP
 
1. Kunjungi laman resmi pip.kemdikbud.go.id
 
2. Pada kolom "Cari Penerima PIP" input NISN, NIK siswa, dan hasil penjumlahan yang soalnya sudah tersedia
 
 
3. Klik "Cari Penerima PIP"
 
4. Akan muncul informasi terkait data siswa penerima PIP maupun data tidak ditemukan bagi siswa yang tidak terdaftar
 
Demikianlah informasi tentang bantuan PIP 2023 gagal cair ke rekening BRI BNI jika siswa tidak lakukan ini, cek NIK dan NISN di pip.kemdikbud.go.id.***

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah