Bantuan UMKM 2023 Kapan Cair? Cara Daftar Jadi Penerima Uang Rp6 Juta Tanpa Cek eform.bri.co.id Pakai NIK KTP

- 11 Agustus 2023, 11:30 WIB
Ilustrasi - cara daftar jadi penerima bantuan UMKM Rp6 juta tanpa cek penerima di link eform.bri.co.id pakai NIK KTP, kapan bantuan UMKM 2023 cair.
Ilustrasi - cara daftar jadi penerima bantuan UMKM Rp6 juta tanpa cek penerima di link eform.bri.co.id pakai NIK KTP, kapan bantuan UMKM 2023 cair. /PIXABAY/@Emaji

BERITA DIY - Ketahui bantuan UMKM 2023 kapan cair lengkap dengan cara daftar jadi penerima uang Rp6 juta tanpa perlu cek link eform.bri.co.id pakai NIK KTP.

Masyarakat saat ini tengah mencari informasi kapan bantuan UMKM tahun 2023 akan cair ke rekening para pelaku UMKM. Program bantuan untuk keberlangsungan usaha tentunya sangat bermanfaat bagi para pelaku UMKM.

Namun perlu diketahui bahwa saat ini, pemerintah tidak memiliki program murni pemberian dana hubah bagi seluruh kategori pelaku UMKM seperti program Banpres Produktif Usaha Mikro (BPUM) di tahun 2020 dan 2021.

Perlu diingat bahwa program BPUM ini tidak dilanjutkan di tahun 2023, karena pelaku UMKM dinilai telah mampu bertahan di tengah kondisi ekonomi yang ada.

Baca Juga: KUR BRI Rp50 Juta untuk Modal Usaha, Cek Cicilan per Bulan di Tabel Angsuran dan Syarat Pinjaman KUR

Bagi pelaku UMKM yang ingin mendapatkan bantuan untuk keberlangsungan usaha, terdapat sejumlah alternatif bantuan yang dapat diikuti untuk menerima bantuan.

Mulai dari Kredit Usaha Rakyat atau KUR di bank himbara yang bisa memberikan pinjaman Rp6 juta seperti yang diinginkan pelaku UMKM.

Selain itu, pelaku UMKM bisa mencoba mendaftar Kartu Prakerja untuk mendapatkan pelatihan dan insentif pasca pelatihan yang dapat dijadikan modal usaha sebesar Rp600 ribu.

Terakhir, jika pelaku UMKM tergolong dalam keluarga miskin yang terdaftar sebagai penerima PKH di DTKS Kemensos, bisa mencoba mendaftar program PENA Kemensos.

Halaman:

Editor: Sani Charonni


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x