Bisa Ditukar Motor Beat! Uang Kertas Kuno Indonesia Zaman Pendudukan Jepang Ini Dicari Kolektor Kota Bandung

- 25 Juni 2023, 20:15 WIB
Ilustrasi - Bisa ditukar motor Honda Beat baru, kok bisa? Uang kertas kuno Indonesia zaman pendudukan Jepang ini.
Ilustrasi - Bisa ditukar motor Honda Beat baru, kok bisa? Uang kertas kuno Indonesia zaman pendudukan Jepang ini. /PEXELS/cottonbro studio

BERITA DIY - Bisa ditukar motor Honda Beat baru, kok bisa? Uang kertas kuno Indonesia zaman pendudukan Jepang ini banyak dicari kolektor kota Bandung.

Sejarah perekonomian Indonesia tidak dapat dipisahkan dari peran uang kertas kuno sebagai alat transaksi pada masa pendudukan Jepang.

Setiap periode kekuasaan di Indonesia memiliki mata uang kertas yang berlaku secara resmi, termasuk pada era pemerintah militer Jepang.

Menurut informasi yang dikutip dari vredeburg.id, masa pendudukan Jepang di Indonesia (saat itu Hindia Belanda) ditandai dengan penyerahan kekuasaan kepada tentara ekspedisi Jepang.

Baca Juga: Uang Koin Kuno Indonesia Ini Disebut Berkhodam, Cocok untuk Jimat! Laku Rp10 Juta Dijual ke Kolektor

Pada masa pendudukan Jepang, semua kebijakan keuangan ditetapkan oleh Gunseikanbu, yaitu Pemerintah Militer Pusat, yang berusaha mempertahankan nilai gulden dan Rupiah Hindia Belanda.

Dalam koleksi Museum Bank Indonesia, terdapat informasi bahwa Pemerintah Pendudukan Jepang juga menerbitkan dan mengedarkan mata uang kertas yang dikenal sebagai uang invasi.

Halaman:

Editor: Sani Charonni

Sumber: Koleksi Museum Indonesia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x