Uang Koin Kuno Indonesia Ini Disebut Berkhodam, Cocok untuk Jimat! Laku Rp10 Juta Dijual ke Kolektor

- 25 Juni 2023, 17:40 WIB
Ilustrasi. Uang koin kuno Indonesia ini disebut berkhodam, cocok untuk jimat! Laku hingga Rp 10 juta.
Ilustrasi. Uang koin kuno Indonesia ini disebut berkhodam, cocok untuk jimat! Laku hingga Rp 10 juta. /PIXABAY/Mizianitka

BERITA DIY - Berikut informasi uang koin kuno Indonesia ini disebut berkhodam, cocok untuk jimat! Laku hingga Rp10 juta jika dijual ke kolektor.

Mata uang koin kuno Indonesia memiliki sejarah yang menarik sebagai alat tukar dalam sistem ekonomi masa lalu. Fungsinya adalah menggantikan sistem barter yang umum dilakukan pada zaman dahulu.

Salah satu masa puncak penggunaan uang koin kuno di Indonesia terjadi pada era Kerajaan Majapahit di Jawa. Uang kuno logam ini menjadi objek yang sangat diminati oleh para kolektor numismatika.

Namun, tahukah Anda bahwa di Indonesia terdapat uang koin kuno yang memiliki kepercayaan sebagai jimat dan diyakini memiliki khodam?

Baca Juga: Uang Koin 100 Rupiah Mana yang Paling Mahal, Tahun 1978 atau 1973? Tips Jual Uang Kuno Agar Laku Maksimal

Menurut informasi dari akun Instagram resmi Museum Bank Indonesia @museum_bi, uang jimat yang dimaksud di sini adalah uang gobog.

Berdasarkan data dari Koleksi Museum Bank Indonesia yang dikutip pada Minggu, 25 Juni 2023, uang gobog Majapahit banyak dibuat dari logam tembaga.

Halaman:

Editor: Sani Charonni

Sumber: Koleksi Museum Indonesia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x