BPNT dan BLT BBM Cair November 2022, Ini 2 Cara Cek Penerima Manfaat

- 19 Oktober 2022, 18:30 WIB
Cek penerima manfaat bansos BPNT dan BLT BBM di aplikasi Cek Bansos dan cekbansos.kemensos.go.id.
Cek penerima manfaat bansos BPNT dan BLT BBM di aplikasi Cek Bansos dan cekbansos.kemensos.go.id. /Tangkap layar Google Play/Cek Bansos

BERITA DIY - Simak 2 cara cek penerima manfaat BPNT dan BLT BBM yang cair pada bulan November 2022 ini.

2 cara tersebut adalah mengjungi link resmi Kemensos, yaitu cekbansos.kemensos.go.id dan melalui aplikasi Cek Bansos di HP Android.

Sebelum mengecek apakah nama Anda tercatat sebagai Penerima Manfaat (PM) atau tidak, langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan mengajukan diri menjadi PM.

Baca Juga: Pinjaman Karyawan di BCA Tanpa Jaminan Dilengkapi Syarat, Cara Daftar dan Bunga KTA Cair hingga Rp 100 Juta

Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dan Bantuan Langsung Tunai Bahan Bakar Minyak (BLT BBM) merupakan program bansos yang dicanangkan Kementerian Sosial untuk masyrakat miskin atau rentan miskin.

Seperti namanya, bentuk bantuan BPNT pada mulanya adalah sembako. Namun, kini telah diganti menjadi uang tunai. Adapun besaran uang sembako yang diberikan adalah Rp 200 Ribu.

BLT BBM sendiri merupakan program bantuan Kemensos sebagai wujud kompensasi dari naiknya harga BBM. Besaran uang bansos yang diberikan sama dengan BPNT, yaitu Rp 200 Ribu.

Baca Juga: Syarat Penerima BLT UMKM Rp600 Ribu Apa Saja? Pelaku Usaha Mikro Wajib Penuhi Hal Ini

Sebelumnya, data Anda perlu terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) terlebih dahulu agar bisa mendapatkan bansos ini. DTKS merupakan data acuan Kemensos dalam menyalurkan bansos.

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x