Siapa Saja yang Dapat BLT BBM 2022? Ini Syarat dan Cara Cek Bansos Online di Cekbansos.Kemensos.go.id

- 13 September 2022, 17:05 WIB
Cara cek penerima BLT BBM online di cekbansos.kemensos.go.id mudah dan cepat di HP.
Cara cek penerima BLT BBM online di cekbansos.kemensos.go.id mudah dan cepat di HP. /Tangkap layar Instagram.com/@kemensosri

BERITA DIY - Siapa sajakah yang dapat BLT BBM 2022? Simak syarat dan cara cek bansos online di cekbansos.kemensos.go.id.

Penyaluran dana BLT BBM telah dilangsungkan sejak tanggal 1 September lalu. Dana sebesar Rp 12,4 triliun akan disalurkan kepada 20,65 juta penerima.

Setiap masyarakat yang terdata akan menerima bantuan sebesar Rp 600 Ribu. Lantas siapa sajakah masyarakat yang terdata tersebut dan bagaimana cara mengeceknya? Simak penjelasan berikut ini.

Baca Juga: Link kemnaker.go.id Error, Cek Penerima BSU 2022 Login bsu.bpjsketenagakerjaan.go.id dan Masukkan Data Ini

Tujuan pemerintah menyalurkan bantuan sosial (bansos) berupa Bantuan Langsung Tunai Bahan Bakar Minyak (BLT BBM) yaitu sebagai langkah kompensasi dari keputusan pemerintah menaikkan harga BBM beberapa waktu lalu.

Sama seperti jenis bantuan yang dicanangkan Kementrian Sosial lainnya, sasaran dari bansos ini adalah masyarakat miskin atau rentan miskin. Adapun masyarakat yang akan menerima bansos ini adalah mereka yang terdaftar dalam DTKS.

Kepanjangan dari Data Terpadu Kesejahteraan Sosial, DTKS merupakan data induk masyarakat kurang mampu yang menjadi acuan pemerintah dalam mencairkan dana bansos.

Baca Juga: BLT BBM 2022 Cair di Kantor Pos, Cara Daftar Jadi Penerima dan Cek Jadwal Pencairan di Link cekbansos.kemensos

Jadi, jika Anda termasuk masyarakat miskin atau rentan miskin, namun tidak terdaftar dalam DTKS, maka Anda tidak bisa menerima bantuan sosial BLT BBM.

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x