Cara Mencairkan BLT BBM dan BPNT 2022 di Kantor Pos Secara Gratis, Bawa KTP dan Surat Dokumen Ini

- 13 September 2022, 14:25 WIB
Cara ambil BPNT dan BLT BBM 2022 gratis di Kantor Pos Indonesia dengan syarat bawa KTP dan dokumen lainnya.
Cara ambil BPNT dan BLT BBM 2022 gratis di Kantor Pos Indonesia dengan syarat bawa KTP dan dokumen lainnya. /Tangkap layar cekbansos.kemensos.go.id

BERITA DIY - Simak cara mencairkan BLT BBM dan BPNT 2022 di Kantor Pos secara gratis dengan membawa KTP dan surat dokumen berikut ini.

Bantuan Pangan Non Tunai atau BPNT dan Bantuan Langsung Tunai (BLT) BBM 2022 merupakan dua program bantuan sosial (bansos) yang dirancang Kementerian Sosial (Kemensos). Sasaran dari bansos ini adalah masyarakat miskin atau rentan miskin.

BPNT dan BLT BBM 2022 disalurkan melalui Pos Indonesia. Anda perlu datang ke Kantor Pos dengan membawa sebuah dokumen untuk mencairkan dana tersebut. Lebih lanjut, simak penjelasan berikut ini.

Baca Juga: Cara Ambil Uang BLT BBM Rp 600 Ribu di Kantor Pos September 2022, Ini Syarat Dapat Bansos

Dana sebesar Rp 12,4 triliun akan disalurkan kepada 20,65 juta penerima BLT BBM 2022. Sementara BPNT memiliki besaran dana Rp 18,8 triliun pada tahun 2022 ini untuk disalurkan kepada 18,8 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Penyaluran BLT BBM dan BPNT akan berdasarkan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) dan BPJS Ketenagakerjaan tahaun 2022. DTKS merupakan data induk masyarakat miskin yang menjadi acuan pemerintah untuk memberikan bansos.

Jika Anda merasa berhak mendapatkan bansos ini karena tergolong masyarakat miskin atau rentan miskin, namun belum terdaftar dalam DTKS, Anda bisa mendaftarkan diri secara online melalui aplikasi Cek Bansos yang tersedia di PlayStore.

Baca Juga: Pencairan PKH 2022 Tahap 3 Hari Ini Berlanjut, Ini Cara Cek Bansos Cair Rp750 Ribu untuk Balita dan Ibu Hamil

Diketahui syarat umum penerima bansos BLT BBM dan dan BPNT 2022 yaitu PM harus berstatus WNI, termasuk golongan keluarga miskin atau rentan miskin, bukan merupakan bagian dari ASN, TNI dan Polri.

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x