Aplikasi BPNT 2022 untuk Cek Bansos Kemensos: Cara Daftar Bantuan Agustus 2022 di cekbansos.kemensos.go.id?

- 21 Agustus 2022, 15:34 WIB
Cara daftar  dan cek daftar penerima bantuan BPNT 2022.
Cara daftar dan cek daftar penerima bantuan BPNT 2022. /Tangkap layar https://cekbansos.kemensos.go.id/

BERITA DIY - Simak informasi tentang aplikasi BPNT 2022 untuk cek bansos dari Kemensos dan cara daftar bantuan yang akan cair pada bulan Agustus 2022 di cekbansos.kemensos.go.id.

BPNT atau Bantuan Pangan Non Tunai merupakan jenis bansos Kartu Sembako yang dibuat Kementrian Sosial untuk masyarakat miskin atau rentan miskin. Untuk menerima bantuan ini, masyarakat harus terdaftar di DTKS telebih dahulu.

Jika telah terdaftar dalam DTKS, masyarakat bisa mengecek daftar penerima bantuan bansos BPNT melalui link cekbansos.kemensos.go.id. Simak penjelasan cara mendaftar DTKS berikut ini.

Baca Juga: Login BSU 2022 di Kemnaker kemnaker.go.id atau BPJS Ketenagakerjaan, Pekerja Dapat Rp1 Juta Jika Dapat 3 Tanda

DTKS atau Data Terpadu Kesejahteraan Sosial merupakan basis data yang digunakan Kementerian Sosial (Kemensos) untuk mengelola bantuan sosial yang akan diberikan pada masyarakat miskin atau rentan miskin.

DTKS memudahkan pemerintah dalam menyalurkan beragam jenis bansos, salah satunya BPNT dengan tepat sasaran. Bagi masyarakat yang ingin mendaftarkan diri, bisa melakukannya secara mandiri dengan menggunakan aplikasi Cek Bansos.

Aplikasi ini bisa diundah di HP melalui Play Store. Adapun hal lain yang perlu disiapkan adalah KTP dan KK guna melakukan pengisian data dalam aplikasi tersebut.

Baca Juga: Kartu Prakerja Gelombang 42 Dibuka! Login Dasboard prakerja.go.id, Cek Cara Daftar dan Syarat Lolos di Sini

Setelah aplikasi Cek Bansos berhasil diunduh, buatlah akun terlebih dahulu dengan klik 'Buat Akun Baru'. Selanjutnya, lakukan pengisian data diri seperti Nomor KK, NIK dan Nama lengkap berdasarkan KTP.

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x