BSU Kapan Cair di 2022? Ini Alasan Menaker Ida Fauziyah BLT Subsidi Gaji Belum Dapat Disalurkan ke Pekerja

- 27 Juni 2022, 10:55 WIB
Ilustrasi. Informasi terbaru BSU kapan cair di 2022 dan alasan Menaker Ida Fauziyah terkait belum juga disalurkannya BLT Subsidi Gaji kepada pekerja dan buruh.
Ilustrasi. Informasi terbaru BSU kapan cair di 2022 dan alasan Menaker Ida Fauziyah terkait belum juga disalurkannya BLT Subsidi Gaji kepada pekerja dan buruh. /Instagram.com/@kemnaker

BERITA DIY - Penjelasan BSU kapan cair dan jawaban Menaker Ida Fauziyah terkait belum disalurkannya BLT Subsidi Gaji di tahun 2022.

BSU atau Bantuan Subsidi Upah program Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) kembali akan disalurkan pada tahun ini.

Target penyaluran dari program BSU BLT Subsidi Gaji ini adalah para pekerja atau buruh yang sedang terdampak pandemi COVID-19.

Pekerja atau buruh yang memenuhi syarat-syarat yang berlaku akan menerima BSU BLT Subsidi Gaji sebesar Rp1 juta.

Baca Juga: Tak Perlu Cek BSU 2022 di Kemnaker.go.id & BPJSTKU BPJS Ketenagakerjaan, Penerima 3 Tanda Ini Pasti Dapat BLT

Adapun syarat pekerja atau buruh yang layak dapat Bantuan Subsidi Upah (BSU) 2022 adalah:
 
- Warga Negara Indonesia

- Aktif sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan

- Memiliki penghasilan gaji/upah paling besar Rp3,5 juta

Baca Juga: BSU 2022 Kapan Cair, Apa Bulan Juli? Karyawan Bisa Dapat Rp3 Juta Hanya Modal KTP dan KK, Klik Link di Sini

Besaran BSU tersebut akan disalurkan kepada satu orang pekerja atau buruh dengan rincian Rp500 ribu per bulan selama dua bulan yang diberikan sekaligus Rp1 juta.

Namun, kabar BSU kapan cair tanggal dan bulan apa bantuan akan disalurkan hingga saat ini belum diberitahukan oleh Kemenaker.

Dikutip dari ANTARA, Menaker Ida Fauziah meminta masyarakat bersabar sebab pemerintah masih mempersiapkan berbagai instrumen penyaluran BSU agar lebih tepat sasaran.

"Saat ini kami sedang mempersiapkan instrumen kebijakan pelaksanaan BSU tahun 2022 dan kami ingin memastikan bahwa program subsidi upah ini dapat dijalankan secara tepat, akurat, dan akuntabel." kata Ida Fauziyah pada Minggu, 1 Mei 2022 di acara Peringatan Hari Buruh di Surabaya.

Baca Juga: Buka! Klik Link Ini Dapatkan BLT Rp2,4 Juta Juni 2022 Tanpa Terdaftar BSU Subsidi Gaji BPJS Ketenagakerjaan

Deputi Direktur Bidang Hubungan Masyarakat dan Antar Lembaga BPJAMSOSTEK Oni Marbun menghimbau untuk mewaspadai tindak penipuan.

Modus penipuan salah satunya terkait penyaluran Bantuan Subsidi Upah (BSU) yang mengarahkan masyarakat untuk menghubungi nomor tertentu via WA.

Selain itu, masyarakat harus berhati-hati terhadap segala bentuk informasi maupun modus penipuan yang mengatasnamakan BPJAMSOSTEK maupun Dirut Anggoro Eko Cahyo.

Hal tersebut disebabkan seiring beredar hoaks pemberian bantuan kepada 10 orang terpilih dan masing-masing berhak mendapatkan uang senilai Rp27 juta.

Baca Juga: Daftar Online Kartu Prakerja Gelombang 34 Dapat BLT Rp 2,5 Juta Tanpa BSU 2022 dan Jadi Peserta BPJamsostek

"Saat ini banyak pihak tidak bertanggung jawab yang melakukan penipuan dengan menyebarluaskan informasi tidak benar melalui pesan singkat maupun sosial media. Masyarakat harus lebih teliti dalam menerima sebuah informasi, agar tidak menjadi korban atas tindakan tersebut," kata Oni dilansir dari ANTARA pada Rabu, 22 Juni 2022.

Para pekerja dan buruh yang telah terdaftar dan memenuhi syarat BSU dihimbau agar tetap bersabar dan mewaspadai oknum-oknum yang memanfaatkan situasi.

Itulah informasi terbaru BSU kapan cair dan alasan Menaker Ida Fauziyah kenapa BLT Subsidi Gaji belum cair.***

Editor: Bagus Aryo Wicaksono


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x