Cara Cek BLT Minyak Goreng di cekbansos.kemensos.go.id, Dapat Bantuan Rp 300 Ribu Cair Mulai April 2022

- 3 April 2022, 14:55 WIB
ilustrasi - Cara cek penerima BLT minyak goreng dan cara dapatkan bantuan sebesar Rp 300 ribu cair mulai awal April 2022.
ilustrasi - Cara cek penerima BLT minyak goreng dan cara dapatkan bantuan sebesar Rp 300 ribu cair mulai awal April 2022. /instagram.com/@kemensosri
BERITA DIY- Berikut informasi mengenai daftar penerima BLT minyak goreng. Penerima manfaat bisa dapatkan bantuan tunai langsung sebesar Rp 300 ribu cair mulai awal bulan April 2022. 
 
BLT minyak goreng adalah program pemerintah yang dijalankan untuk merespon langsung isu mahalnya minyak goreng. Untuk itu pemerintah memberikan bantuan berbentuk tunai untuk mengatasi mahalnya harga minyak goreng bagi masyarakat kecil. 
 
BLT minyak goreng diumumkan secara langsung oleh Presiden Joko Widodo. Pengumuman tersebut disampaikan pada laman media youtube Sekretariat Presiden pada 1 April 2022. 
 
 
Dalam keterangan tersebut, diumumkan bahwa penerima program BLT yakni masyarakat yang terdaftar sebagai penerima manfaat BLT PKH, BPNT, dan pelaku usaha penjual gorengan. Penerima manfaat BLT minyak goreng akan mendapatkan dana sebesar Rp 300 ribu. 
 
Bantuan BLT minyak goreng akan diberikan untuk memenuhi kebutuhan pokok selama bulan April, Mei, Juni. Namun pencairan langsung dirapel dalam satu bulan yakni pada bulan April 2022. 
 
Berikut merupakan cara untuk melakukan cek penerima bansos PKH atau BPNT yang akan dapat BLT minyak goreng :
 
 
1. Buka mesin pencarian masukkan kata kunci https://cekbansos.kemensos.go.id/
 
 2. Masukkan data penerima manfaat PM mulai dari data provinsi, kabupaten atau kota, kecamatan, desa atau dusun
 
 3. Masukkan data identitas diri sesuai dengan KTP
 
 4. Masukkan kode chapta pada kolom yang telah disediakan lalu klik "cari data". 
 
 
Data penerima yang terdaftar masuk dalam DTKS akan mendapatkan dana bantuan BLT minyak goreng. Bantuan tersebut nantinya diharapkan mampu mengurangi beban keluarga miskin dan rentan miskin dalam menghadapi kenaikan harga minyak goreng. 
 
Namun apabila belum terdaftar sebagai penerima manfaat BLT PKH ataupun BLT BPNT yang menjadi syarat penerima BLT minyak goreng.
 
Berikut merupakan langkah pendaftaran DTKS agar terdaftar sebagai keluarga penerima manfaat: 
 
Berikut merupakan langkah pendaftaran BLT PKH 2022 melalui aplikasi cek bansos: 
 
1. download aplikasi cek bansos pada Play Store atau melalui link https://play.google.com/store/apps/details?id=id.go.kemensos.pelaporan lalu pasang aplikasi pada HP atau smartphone
 
 
2. buka aplikasi dan pilih laman pendaftaran untuk mendapatkan akun pengguna pada aplikasi tersebut.
 
3. Pendaftaran dapat dilakukan dengan mengisi identitas sesuai KTP dan KK dan verifikasi wajah terlebih dahulu dengan foto selfie
 
 4. Buka aplikasi kembali menggunakan akun yang telah dimiliki, lalu pilih menu daftar usulan
 
 
5. Calon penerima manfaat harus mengisi data diri sesuai KTP, lengkap dengan foto selfie dan foto rumah. 
 
Demikian informasi mengenai cara cek penerima BLT minyak goreng. Bagi yang terdaftar dalam DTKS bisa dapatkan Rp 300 ribu cair mulai awal April 2022.***

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah