Kartu Sembako Cair Januari 2022: Solusi Jika Nama Tak Terdaftar sebagai KPM, Lakukan Ini untuk Terima BPNT

- 9 Januari 2022, 08:16 WIB
Ilustrasi solusi yang bisa dilakukan jika masyarakat tak terdaftar sebagai KPM Kartu Sembako atau BPNT yang mulai cair bulan Janiari 2022.
Ilustrasi solusi yang bisa dilakukan jika masyarakat tak terdaftar sebagai KPM Kartu Sembako atau BPNT yang mulai cair bulan Janiari 2022. /ANTARA FOTO/ADENG BUSTOMI

BERITA DIY - Simak BPNT yang mulai cair bulan Januari 2022 beserta solusi jika nama tak terdaftar sebagai Keluarga Penerima Manfaat (KPM) bansos dengan nama lain Kartu Sembako ini.

Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) adalah salah satu bantuan yang masuk dalam anggaran Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN). Ada 18,8 juta orang terdaftar sebagai penerima Kartu Sembako tahun 2022.

Kemensos dan Dinsos di beberapa wilayah telah mulai mencairkan bansos Kartu Sembako pada bulan Januari 2022 kepada KPM terdaftar di DTKS Kemensos atau link cekbansos.kemensos.go.id. 

Baca Juga: Nama dan Alamat Tak Terdaftar di cekbansos.kemensos.go.id, Daftar Bansos Sembako BPNT Januari 2022 di Sini

Meski demikian ada solusi yang bisa dilakukan jika masyarakat gagal terima Kartu BPNT di link tersebut, sebab belum lama ini Kemensos meluncurkan sebuah aplikasi.

Mekanisme penyaluran Kartu Sembako dilakukan dalam bentuk dana Rp300 ribu yang hanya bisa digunakan untuk membeli sembako atau kebutuhan sehari-hari di e-warong yang telah bekerja sama dengan Bank. 

Para masyarakat bisa mulai melakukan cek penerima BPNT melalui link cekbansos.kemensos.go.id (klik link DI SINI). Calon KPM hanya memasukkan Provinsi, Kabupaten/Kota, Kecamatan, Desa, dan nama sesuai KTP.

Baca Juga: Bansos Sembako BPNT Januari 2022 Hanya Cair ke Masyarakat Ini, Cek Penerima di cekbansos.kemensos.go.id

Namun bagaimana jika Nama dan alamat di KTP tak terdaftar sebagai penerima Kartu Sembako? Jangan khawatir, ada solusi yang bisa dilakukan untuk terima BPNT.

Kemensos baru-baru ini merilis Aplikasi Cek Bansos bagi pengguna Android. Adanya platform ini memberikan kemudahan dan partisipasi masyarakat secara transparan dalam proses penyaluran bansos.

Halaman:

Editor: Inayah Bastin Al Hakim


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x