Hore! BLT Subsidi Gaji Sudah Cair ke 3,2 Juta Pekerja, Pemilik Bank BCA dan Swasta Bisa Dapat BSU Rp1 Juta

- 8 September 2021, 06:39 WIB
Kemnaker Ida Fauziyah melaporkan BSU atau BLT Subsidi Gaji Rp1 juta sudah tersalur kepada 3,2 juta karyawan di seluruh Indonesia.
Kemnaker Ida Fauziyah melaporkan BSU atau BLT Subsidi Gaji Rp1 juta sudah tersalur kepada 3,2 juta karyawan di seluruh Indonesia. /Tangkap layar kemnaker.go.id/news

BERITA DIY - BLT Subsidi Gaji dikabarkan sudah cair hingga tahap 3 kepada 3,2 juta pekerja di seluruh Indonesia. Tak hanya pemilik rekening Bank Himbara, Kemnaker juga memberikan BSU kepada pemilik bank swasta seperti BCA untuk mengantongi bantuan Rp1 juta itu.

Bantuan subsidi gaji/upah (BSU) telah rampung sampai tahap 3. Dengan demikian, jumlah penerima BLT Subsidi Gaji mencapai 3,2 juta karyawan dari tahap 1.

Ada yang berbeda dari penyaluran BSU tahap 3 dibandingkan kedua tahap sebelumnya. Pasalnya, Kemnaker melakukan skema pembukaan rekening kolektif (burekol) bagi pekerja/buruh yang memiliki rekening bank BCA atau bank swasta lainnya.

Baca Juga: 3,2 Juta Pekerja Sudah Dapat BSU Subsidi Gaji 2021, Ini Jadwal BLT Ketenagakerjaan Cair ke BCA dan Bank Swasta

"Alhamdulillah, penyaluran BSU di tahap ketiga melalui skema burekol sudah berjalan. Kemarin di Semarang, saya sempat meninjau pelaksanaan burekol ini di mana pihak bank Himbara jemput bola ke perusahaan-perusahaan yang memang pekerja/buruh penerima BSU nya belum memiliki rekening Bank Himbara," ungkap Menaker Ida Fauziyah, sebagaimana dikutip dari laman kemnaker.go.id pada keterangannya 7 September 2021.

Menaker Ida juga menjelaskan bahwa upaya jemput bola burekol oleh pihak bank ini dilakukan agar pekerja yang berhak tetap mendapat BSU Rp1 juta beserta menjaga protokol kesehatan dan menghindari kerumuman.

Lebih lanjut, Ida menekankan bahwa bantuan BLT Subsidi Gaji ini minim duplikasi data, sebab telah dilaksanakan serangkaian upaya agar pekerja yang telah menerima bansos lainnya tidak termasuk dalam penerima BSU.

Baca Juga: BSU Sudah Ditransfer ke 3,2 Juta Orang, Mohon Maaf 5 Karyawan Ini Tidak Bakal Terima Subsidi Gaji Rp 1 Juta

Hal ini bertujuan agar bantuan berjalan merata selama pandemi Covid-19 kepada masyarakat yang memang benar-benar membutuhkan bantuan.

"Kami memang melakukan pemadanan data calon penerima BSU dengan database penerima program Kartu Prakerja, program BPUM, dan PKH," lanjut Ida.

Halaman:

Editor: Inayah Bastin Al Hakim

Sumber: kemnaker.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x