Cara Cek Penerima Bansos di cekbansos.kemensos.go.id dan Aplikasi Terbaru

- 22 Agustus 2021, 15:04 WIB
Cara cek penerima bansos melalui aplikasi terbaru dari Kemensos RI.
Cara cek penerima bansos melalui aplikasi terbaru dari Kemensos RI. /Instagram.com/@kemensosri

BERITA DIY – Kini masyarakat dapat dengan mudah mengakses dan melakukan cek penerima bansos mulai dari bansos Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) atau Kartu Sembako dan Bantuan Sosial Tunai (BST).

Proses cek penerima bansos kini dapat dilakukan melalui dua cara yaitu melalui laman cekbansos.kemensos.go.id dan melalui Aplikasi Cek Bansos yang dibuat oleh Kementerian Sosial Republik Indonesia.

Cek penerima bansos PKH, BPNT dan BST melalui laman cekbansos.kemensos.go.id dapat dilakukan secara mudah melalui browser di HP maupaun komputer/laptop. Sementara jika dilakukan melalui aplikasi perlu mengunduh terlebih dahulu aplikasi di Play Store.

Baca Juga: Link Download Aplikasi SIKS-Dataku, Cara Cek Data DTKS Kemensos dan Daftar Penerima Bansos PKH, BPNT dan BST

Selain untuk melakukan cek penerima bansos, Aplikasi Cek Bansos dari Kemensos RI ini baru saja mengembangkan menu baru. Menu tersebut adalah menu Usul dan menu Sanggah. 

Dikutip dari instagram @kemensosri, menu usul dan menu sanggah ini merupakan sebuah terobosan dari permasalahan data selama ini, dimana ada orang yang berhak mendapatkan bantuan, tetapi tidak mendapatkan (exclusion error) dan ada yang tidak berhak mendapatkan, tapi mendapatkan bantuan (inclusion error).

Masyarakat masih bisa melakukan cek daftar penerima melalui browser di laman cekbansos.kemensos.go.id, namun masyarakat juga akan lebih dimudahkan dengan adanya aplikasi terbaru keluaran dari Kemensos RI ini. 

Baca Juga: Cukup Bawa KTP untuk Dapat Bansos Sembako Rp 400 Ribu, Begini Cara Cek di cekbansos.kemensos.go.id

Adapun cara untuk cek penerima bansos Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) atau Kartu Sembako dan Bantuan Sosial Tunai (BST) melalui laman cekbansos.kemensos.go.id adalah sebagai berikut.

Halaman:

Editor: Muhammad Suria


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x