Panduan Dapat Bansos Sembako Bulan Juni 2021, Cek Ke Sini Untuk Dapat BPNT 2,4 Juta Kemensos

- 28 Juni 2021, 06:00 WIB
Cek nama penerima dan pastikan bantuan PKH 2021 dan Bansos Sembako (BPNT) Kemensos cair Juni 2021 melalui cekbansos.kemensos.go.id.
Cek nama penerima dan pastikan bantuan PKH 2021 dan Bansos Sembako (BPNT) Kemensos cair Juni 2021 melalui cekbansos.kemensos.go.id. /Instagram.com/@kemensosri

BERITA DIY - Upaya pemerintah untuk membantu masyarakat dengan ekonomi terendah dalam mencukupi komoditas pangan melalui program bansos sembako masih terus berjalan. Berikut cara mendapatkan bansos sembako bulan Juni 2021.

Artikel ini akan memandu Anda untuk melakukan pengecekan apakah Anda termasuk dalam golongan penerima bansos sembako atau tidak. Untuk mengetahui status penerimaan dapat dilakukan secara mandiri via online melalui link yang disediakan Kemensos.

Bantuan Pangan Non Tunai (BNPT) diberikan dengan tujuan untuk mengurangi beban ekonomi bagi Keluarga Penerima Manfaat (KPM) pada Pandemi Covid-19. Pemerintah merancang bantuan ini berjalan hingga Desember 2021.

Baca Juga: Masukan NIK eKTP ke cekbansos.kemensos.go.id, Bansos Sembako Rp 200 Ribu Bulan Juni Langsung Cair

Artinya BPNT ini dapat dicairkan setiap bulan selama satu tahun. Nominal bansos sembako yakni Rp 200 ribu per bulan atau Rp 2,4 juta dalam setahun. Perlu diketahui bahwa prosedur pengecekan bansos sembako ini relatif mudah.

Bagi penerima bansos dapat mellakukan cek online di cekbansos.kemensos.go.id. Laman cek bansos ini merupakan pembaharuan dari laman sebelumnya di dtks.kemensos.go.id.

Untuk mendapatkan bansos ini pertama-tama Anda perlu memenuhi kriteria penerima banos, yakni: WNI, Memiliki Kartu Keluarga Sejahtera (KKS), Daftar Penerima Manfaat (DPM) bansos sembako.

Jika telah memenuhi kriteria, Selanjutnya Anda dapat langsung mengecek status penenrimaan bansos sembako dengan cara seperti di bawah ini:

  • Buka lama cekbansos.kemensos.go.id
  • Masukan nama Provinsi, Kabupaten atau Kota, Kecamatan, dan Desa atau Kelurahan sesuai dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  • Masukan nama lengkap sesuai dengan KTP
  • Masukan kode verifikasi yang tertera, dan tekan ‘refresh’ jika kode yang muncul kurang jelas
  • Tekan tombol ‘cari data’

Baca Juga: Info BST Kemensos yang Diperpanjang Juni 2021, Mensos Ungkap Alasan Bansos Belum Cair dan Kapan Ditransfer?

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x