Apa Itu Komet Setan yang Dikabarkan Muncul April 2024 Saat Gerhana Matahari Total

- 27 Maret 2024, 13:20 WIB
Ilustrasi Komet - Informasi apa itu komet setan yang dikabarkan muncul pada bulan April 2024 saat Gerhana Matahari Total.
Ilustrasi Komet - Informasi apa itu komet setan yang dikabarkan muncul pada bulan April 2024 saat Gerhana Matahari Total. /Pexels/Alex Andrews

BERITA DIY - Fenomena astronomi komet setan atau devil comet dikabarkan akan mengampiri bumi pada bulan April 2024 mendatang. Lalu, apa itu komet setan?

Komet setan diprediksi akan terjadi pada bulan April 2024 saat gerhana matahari total berlangsung di Amerika Utara. Maka, masyarakat yang berada di Indonesia tidak memiliki kesempatan untuk menyaksikan fenomena komet setan.

Pengertian Komet Setan

Komet setan atau devil comet adalah istilah yang digunakan untuk menyebut komet 12P/Pons-Brooks. Lalu, komet ini disebut komet setan karena pembentukan dua "tanduk" yang terbuat dari es dan gas serta ledakan berkala.

Komet Pons-Brooks ini sudah dikenal sejak tahun 1812. Namun pengamatan komet ini tidak cukup akurat untuk memprediksi kapan dan di mana komet ini akan kembali.

Baca Juga: Bansos BPNT Cair Kapan Ya? Ini Perkiraan Jadwal Saldo Rekening KKS Bertambah untuk Penerima BLT

Kemudian, komet ini ditemukan kembali 71 tahun berselang tepatnya pada pada tahun 1883 oleh William Brooks.

Kapan Komet Setan Muncul

Diprediksi, komet setan bisa diamati pada awal bulan April 2024 dan akan mendekat ke arah matahari hingga melewati Andromeda dan Pisces pada Maret 2024.

Kemunculan komet setan diperkirakan akan bersamaan dengan terjadinya Gerhana Matahari Total pada 8 April 2024 di Amerika Utara.

Adapun masyarakat yang berada di Indonesia tidak dapat mengamati fenomena komet setan. Sebab selain tidak akan melintas di langit Indonesia, Gerhana Matahari Total juga tidak akan terjadi di Indonesia.

Halaman:

Editor: Muhammad Suria


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x