Ada Gerhana Bulan Penumbra Hari Ini, 25 Maret 2024, Cek di Sini untuk Waktu dan Lokasi Pengamatannya! 

- 25 Maret 2024, 13:35 WIB
Ilustrasi. Akan ada gerhana bulan penumbra hari ini Senin, 25 Maret 2024. Simak di sini untuk waktu dan lokasi pengamatannya.
Ilustrasi. Akan ada gerhana bulan penumbra hari ini Senin, 25 Maret 2024. Simak di sini untuk waktu dan lokasi pengamatannya. /Pixabay/Ponciano

BERITA DIY - Berikut ini adalah informasi tentang gerhana bulan penumbra yang akan terjadi pada hari ini, Senin 25 Maret 2024. Cek di sini untuk waktu dan lokasi pengamatannya! 

Menurut BMKG, hari ini Senin, 25 Maret 2024 akan terjadi gerhana bulan penumbra. Gerhana ini akan berlangsung sekitar 4 jam 43 menit 39 detik.

Dikatakan oleh BMKG juga, pada tahun 2024 ini akan ada empat gerhana yang terjadi. Gerhana tersebut adalah Gerhana Bulan Penumbra (GBP), Gerhana Matahari Total(GMT), Gerhana Bulan Sebagian (GBS), dan Gerhana Matahari Cincin (GMC). 

Baca Juga: Jam Berapa Melihat Gerhana Bulan Hari Ini 25 Maret 2024 Lokasi di Indonesia

Apa itu Gerhana Bulan Penumbra? 

Dilansir dari website resmi BMKG, Gerhana Bulan adalah peristiwa terhalangnya cahaya Matahari oleh Bumi sehingga tidak semuanya sampai ke Bulan. 

Peristiwa yang merupakan salah satu akibat dinamisnya pergerakan posisi Matahari, Bumi, dan Bulan ini hanya terjadi pada saat fase purnama dan dapat diprediksi sebelumnya. 

Gerhana Bulan Penumbra terjadi saat posisi Matahari-Bumi-Bulan sejajar. Hal ini membuat Bulan hanya masuk ke bayangan penumbra Bumi. Akibatnya, saat puncak gerhana terjadi, Bulan akan terlihat lebih redup dari saat purnama. 

Baca Juga: Jadwal Gerhana Bulan Penumbra 25 Maret 2024 di Indonesia dan Lokasi Melihatnya

Waktu Berlangsungnya Gerhana Bulan Penumbra 25 Maret 2024

Masih dilansir dari website resmi BMKG, bahwa gerhana bulan penumbra ini akan berlangsung selama 4 jam 43 menit 39 detik. Dimana nantinya akan ada beberapa fase waktu, yakni P1 (mulainya gerhana), puncak gerhana, dan P4 (gerhana berakhir). 

Halaman:

Editor: Muhammad Suria


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x