Niat Shalat Gerhana Bulan 29 Oktober 2023, Tata Cara, dan Doa Mujarab

- 29 Oktober 2023, 07:45 WIB
Ilustrasi. Bacaan niat shalat Gerhana Bulan hari ini 29 Oktober 2023, tata cara shalat gerhana, dan doa mujarab yang dibaca.
Ilustrasi. Bacaan niat shalat Gerhana Bulan hari ini 29 Oktober 2023, tata cara shalat gerhana, dan doa mujarab yang dibaca. /UNSPLASH/Bimbingan Islam

BERITA DIY - Berikut bacaan niat shalat Gerhana Bulan 29 Oktober 2023, tata cara shalat gerhana, dan doa mujarab yang dibaca.

Gerhana Bulan terjadi hari ini Minggu 29 Oktober 2023 dini hari pada pukul 02:35:22 WIB sampai pukul 03:52:46 WIB.

Gerhana Bulan hari ini menjadi yang keempat kalinya di Indonesia yang bisa ditonton dengan mata langsung di hampir seluruh wilayah Tanah Air.

Gerhana Bulan adalah fenomena alam di mana sejajarnya Matahari, Bumi, dan Bulan dalam satu garis lurus.

Baca Juga: Bacaan Doa Niat dan Tata Cara Sholat Gerhana Bulan Malam Ini 29 Oktober 2023 Sesuai Ajaran Rasullah SAW

Dalam ajaran Islam, ketika ada fenomena alam seperti Gerhana Matahari atau Gerhana Bulan, dianjurkan untuk beribadah shalat.

Pelaksanaan shalat Gerhana Bulan disebut Khusuful Qamar dilaksanakan sebagai tanda bersyukur telah dipertemukan dengan fenomena alam langka yang menjadi tanda kebesaran Allah SWT.

Hukum shalat Gerhana Bulan adalah sunnah muakkad dan shalat dapat dilaksanakan pada saat atau setelah terjadinya fenomena alam gerhana.

Shalat Gerhana Bulan dikerjakan dengan dua rakaat satu kali salam yang tata cara pelaksanaan ada dua rukuk dan khutbah tanpa adanya takbir.

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x