Bacaan Niat dan Tata Cara Sholat Sunnah Qobliyah dan Ba’diyah Sholat Jumat, Arab dan Latin Serta Artinya

- 29 September 2023, 09:20 WIB
Ilustrasi - bacaan niat dan tata cara sholat sunnah qobliyah dan sholat ba’diyah Jumat dengan tulisan Arab dan latin beserta dengan artinya.
Ilustrasi - bacaan niat dan tata cara sholat sunnah qobliyah dan sholat ba’diyah Jumat dengan tulisan Arab dan latin beserta dengan artinya. /Freepik/ Rawpixel

BERITA DIY – Berikut ini adalah informasi bacaan niat dan tata cara sholat sunnah qobliyah dan sholat ba’diyah Jumat dengan tulisan Arab dan latin beserta dengan artinya.

Sholat Jumat sebagaimana diketahui adanya adalah sholat yang wajib hukumnya dijalankan oleh laki-laki yang sudah mukalaf.

Pada pelaksanaanya terdapat dua sholat sunah yang mengiringi sholat Jumat yaitu sholat qobliyah dan sholat ba’diyah Jumat yang dilaksanakan sebelum dan sesudah sholat Jumat.

Sholat sunah yang dilaksanakan sebelum sholat Jumat dinamakan dengan sholat qobliyah Jumat. Sementara sholat yang dilaksanakan setelah sholat Jumat dinamai sholat ba’diyah Jumat.

Baca Juga: Bacaan Niat Sholat Sunah Qobliyah dan Ba’diyah Jumat, Arab dan Latin Serta Artinya, Tata Cara Pelaksanaan

Adapun bilangan rakaat untuk sholat sunah qobliyah dan sholat ba’diyah Jumat adalah masing-masing dua rakaat.

Untuk tata cara pelaksanaan kedua sholat sunnah ini sama dengan sholat sunah lainnya diawali dengan takbiratul ihram dan dikahiri dengan salam.

Sholat sunah qobliyah Jumat untuk pelaksanaanya sebaiknya sebelum khatib naik ke mimbar untuk khutbah Jumat.

Sementara sholat sunah ba’diyah Jumat dilaksanakan setelah sholat Jum’at dengan tujuan untuk melengkapi atau menutup beberapa kekurangan dan sebagai penyempurna sholat Jumat.

Halaman:

Editor: Muhammad Suria


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x