Bacaan Niat Sholat Sunah Qobliyah dan Ba’diyah Jumat, Arab dan Latin Serta Artinya, Tata Cara Pelaksanaan

- 8 September 2023, 10:57 WIB
Ilustrasi - bacaan niat sholat qobliyah dan sholat ba’diyah Jumat dengan tulisan Arab dan latin beserta dengan artinya.
Ilustrasi - bacaan niat sholat qobliyah dan sholat ba’diyah Jumat dengan tulisan Arab dan latin beserta dengan artinya. /Freepik/ Rawpixel

BERITA DIY – Berikut ini adalah informasi bacaan niat sholat sunah qobliyah dan sholat ba’diyah Jumat dengan tulisan Arab dan latin, tata cara pelaksanaan.

Sebagai Sayyidul Ayyam atau hari yang mulia dan dipenuhi dengan berbagai macam keberkahan. Pengerjaan sholat Jumat biasanya diiringi oleh berbagai ibadah lainnya.

Tidak terkecuali dengan sholat sunah qobliyah dan sholat ba’diyah Jumat. Ketahui lebih lanjut tentang bacaan niat sholat sunah qobliyah dan sholat ba’diyah Jumat dengan tulisan Arab dan latin, tata cara pelaksanaan.

Sholat Jumat biasanya diiringi oleh dua sholat sunah yaitu yaitu sholat qobliyah dan sholat ba’diyah yang pelaksanaanya sebelum dan sesudah sholat Jumat.

Baca Juga: Bacaan Niat Qobliyah Jumat Beserta Artinya, Kapan Dilaksanakan dan Niat Ba'diyah 2 Rakaat

Sholat qobliyah Jumat adalah sholat sunah yang pelaksanaanya dikerjaan sebelum sholat Jumat. Sementara sholat yang dilaksanakan setelah sholat Jumat dinamai sholat ba’diyah Jumat.

Sholat sunah qobliyah dan sholat ba’diyah Jumat mempunyai bilangan dua rakaat. Sementara tata cara pelaksanaanya sama dengan sholat sunah lainnya.

Pelaksanaan sholat sunah qobliyah Jumat sebaiknya sebelum khatib naik ke mimbar untuk khutbah Jumat.

Untuk sholat sunah ba’diyah Jumat dilaksanakan setelah sholat Jum’at dengan tujuan untuk melengkapi atau menutup beberapa kekurangan dan sebagai penyempurna sholat Jumat.

Halaman:

Editor: Aziz Abdillah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah