Jadwal Sholat Gerhana Bulan Penumbra 25 Maret 2024 Jam Berapa? Ini Daftar Waktu Fenomena GBP Hari Ini

- 25 Maret 2024, 09:30 WIB
Ilustrasi - Jadwal sholat Gerhana Bulan Penumbra (GBP) pada 25 Maret 2024 mulai jam berapa? Berikut ini daftar waktu fenomena GBP pada hari ini.
Ilustrasi - Jadwal sholat Gerhana Bulan Penumbra (GBP) pada 25 Maret 2024 mulai jam berapa? Berikut ini daftar waktu fenomena GBP pada hari ini. /Pexels.com/Joe S

BERITA DIY - Jadwal sholat Gerhana Bulan Penumbra (GBP) pada 25 Maret 2024 mulai jam berapa? Berikut ini daftar waktu fenomena GBP pada hari ini.

Fenomena Gerhana Bulan Penumbra kembali terjadi pada hari ini, 25 Maret 2024 yang dapat diamati di sebagian wilayah Indonesia.

Sebagai umat Islam, tentu disunahkan untuk melaksanakan sholat gerhana pada saat fenomena tersebut berlangsung.

Lantas pada jam berapa sholat gerhana untuk fenomena GBP pada hari ini dilakukan?

Baca Juga: Niat Shalat Gerhana Bulan 29 Oktober 2023, Tata Cara, dan Doa Mujarab

Waktu pelaksanaan salat gerhana sendiri dilakukan pada saat gerhana sudah mulai berlangsung atau gerhana sedang terjadi baik gerhana matahari maupun gerhana bulan.

Seperti dalam sabda Nabi Muhammad SAW dalam hadits yang diriwayatkan oleh Bukhari Muslim, yaitu sebagai berikut.

إِنَّ الشَّمْسَ وَالْقَمَرَ لَا يَكْسِفَانِ لِمَوْتِ اَحَدٍ وَلَا لِحَيَاتِهِ وَلَكِنَّهُمَا آيَتَانِ مِنْ آيَاتِ اللهِ تَعَالَى فَإِذَا رَأَيْتُمُوهُمَا فَقُومُوا وَصَلُّوا

Artinya: Sungguh, gerhana matahari dan bulan tidak terjadi sebab mati atau hidupnya seseorang, tetapi itu merupakan salah satu tanda kebesaran Allah Taala. Karenanya, bila kalian melihat gerhana matahari dan gerhana bulan, bangkit dan shalatlah kalian. (HR Bukhari-Muslim).

Halaman:

Editor: Muhammad Suria


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x