Jam Berapa Melihat Gerhana Bulan Hari Ini 25 Maret 2024 Lokasi di Indonesia

- 25 Maret 2024, 12:15 WIB
Ilustrasi. Jadwal Gerhana Bulan malam ini terjadi jam berapa, live Gerhana Bulan hari ini, dan lokasi Gerhana Bulan hari ini di Indonesia.
Ilustrasi. Jadwal Gerhana Bulan malam ini terjadi jam berapa, live Gerhana Bulan hari ini, dan lokasi Gerhana Bulan hari ini di Indonesia. /PIXABAY/caiostefamesca

BERITA DIY - Artikel ini memuat info Gerhana Bulan malam ini terjadi jam berapa, live Gerhana Bulan hari ini, dan lokasi Gerhana Bulan hari ini di Indonesia.

Ketahui lokasi dan jam berapa melihat Gerhana Bulan malam ini 25 Maret 2024 di Indonesia.

Hari ini, tanggal 25 Maret 2024, langit Indonesia akan menjadi saksi dari Gerhana Bulan Penumbra yang menakjubkan. Fenomena alam ini terjadi ketika bulan berada di dalam bayangan penumbra bumi.

Durasi Gerhana Bulan ini akan berlangsung selama 4 jam 43 menit 39 detik, dimulai dari 11.50 WIB, puncak 14.12 WIB dan berakhir pada 16.43 WIB.

Baca Juga: Jadwal Gerhana Bulan Penumbra 25 Maret 2024 di Indonesia dan Lokasi Melihatnya

Apa itu Gerhana Bulan Penumbra

Gerhana Bulan Penumbra terjadi ketika posisi matahari, bumi, dan bulan berada dalam satu garis lurus. Ketika fenomena ini terjadi, bulan akan masuk ke dalam bayangan penumbra bumi.

Bayangan penumbra ini memiliki tingkat kecerahan yang lebih tinggi dibandingkan dengan bayangan umbra, sehingga tidak akan menyebabkan bulan menjadi gelap secara total.

Pada tahun 2024, terjadi empat kali gerhana, yakni dua kali Gerhana Matahari dan dua kali Gerhana Bulan. Gerhana Bulan Penumbra pada tanggal 25 Maret 2024 adalah gerhana bulan pertama di tahun tersebut dan dapat dilihat di beberapa daerah di Indonesia.

Jadwal dan lokasi Gerhana Bulan Penumbra 2024

Penduduk di wilayah timur Indonesia, seperti Papua, Papua Barat, dan beberapa area di Maluku, berkesempatan untuk menyaksikan seluruh fase Gerhana Bulan Penumbra.

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah