Artinya Leap Day Birthday di Google Doodle 29 Februari 2024, Hari Kabisat Berapa Tahun Sekali?

- 29 Februari 2024, 10:15 WIB
Apa itu Leap Day Birthday di Google Doodle 29 Februari 2024, hari kabisat berapa tahun sekali dan kenapa ada tahun kabisat.
Apa itu Leap Day Birthday di Google Doodle 29 Februari 2024, hari kabisat berapa tahun sekali dan kenapa ada tahun kabisat. /Tangkap layar Google.co

BERITA DIY - Kenali apa itu Leap Day Birthday di Google Doodle 29 Februari 2024, hari kabisat berapa tahun sekali. Apakah artinya Leap Day adalah hari lompat?

Hari ini, tanggal 29 Februari, kita merayakan apa yang disebut sebagai “Leap Day” atau hari kabisat. Tanggal ini memiliki arti khusus karena hanya terjadi setiap empat tahun sekali. Mari kita jelajahi lebih dalam tentang fenomena ini.

Dan, apa itu Leap Day?

Artinya Leap Day atau hari kabisat adalah hari ekstra yang ditambahkan ke kalender setiap empat tahun sekali untuk menjaga keselarasan antara kalender kita dengan peredaran Bumi dan Matahari.

Pada tahun biasa, kita memiliki 365 hari, tetapi pada tahun kabisat, kita menambahkan satu hari lagi, sehingga totalnya menjadi 366 hari. Leap Day jatuh pada tanggal 29 Februari.

Baca Juga: Apa Arti Happy Leap Day 29 Februari? Ini Penjelasan dan Maknanya Google Doodle Katak Hari Ini

Sementara, Leap Day Birthday adalah seseorang yang lahir di hari kabisat 29 Februari. Dalam penulisan akta lahir, tanggal kelahiran orang tersebut akan dimajukan menjadi 28 Februari atau diundurkan ke 1 Maret.

Mengapa ada tahun kabisat?

Bumi membutuhkan waktu 365 hari, 5 jam, 48 menit, dan 46 detik untuk mengorbit Matahari dalam satu tahun.

Namun, kalender kita hanya memiliki 365 hari. Oleh karena itu, kita menambahkan hari ekstra setiap empat tahun sekali untuk menyelaraskan kalender dengan peredaran Bumi.

Arti gambar Google Doodle hari ini 29 Februari 2024

Jika Anda membuka laman Google hari ini 29 Februari 2024, Anda akan melihat gambar mirip katak di kolam dengan dominasi warna hijau dan tulisan angka 28, 29 pada gambar katak, serta angka 1.

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x