Tanggal 5 Januari Memperingati Hari Apa? Ini Ucapan dan Link Twibbon HUT Korps Wanita Angkatan Laut 2024

- 3 Januari 2024, 11:50 WIB
Tanggal 5 Januari memperingati hari apa? Inilah beberapa referensi ucapan dan link twibbon untuk memeriahkan HUT Korps Wanita Angkatan Laut ke-61 Tahun 2024.
Tanggal 5 Januari memperingati hari apa? Inilah beberapa referensi ucapan dan link twibbon untuk memeriahkan HUT Korps Wanita Angkatan Laut ke-61 Tahun 2024. /Tangkap layar instagram.com/@koalkoarmada3_

BERITA DIY - Tanggal 5 Januari diperingati hari apa sih? Jawabannya adalah Tanggal 5 Januari ini merupakan Hari Korps Wanita Angkatan Laut (KOWAL).

Pada tahun 2024 ini, merupakan HUT KOWAL ke-61 dengan mengusung tema “KOWAL Tangguh dan Hebat Menuju Indonesia Maju”. 

Apabila dilihat dari kacamata sejarah, peringatan HUT KOWAL 2024 ini bermula saat pengembangan Angkatan Laut RI. Pengembangan ini dilakukan sekitar tahun 1960-an. Pada tahun tersebut, yang paling banyak dibutuhkan adalah tenaga wanita. 

Pelopor dari pembentukan wanita Angkatan Laut ini berkat ide dari Komodor Yos Sudarso, yang mana direalisasikan oleh TNI Laksamana Muda TNI RE. Realisasi dari ide atau gagasan ini juga berdasarkan Surat Keputusan dari menteri terkait. 

Baca Juga: Tanggal 5 Januari Memperingati Hari Apa? Ini Pengertian Peringatan Hari Korps Wanita Angkatan Laut

Pembentukan atau realisasi dari gagasan ini dibuktikan dengan dikeluarkannya Surat Keputusan Menteri / Pangan No.5401.24 Tanggal 26 Juni 1962 tentang Pembentukan KOWAL. 

Dari surat keputusan tersebut, yang kemudian ditindaklanjuti. Akhirnya pada tahun 1963 dari perekrutan dan pendidikan calon anggota, menghasilkan 12 orang wanita yang berpangkat perwira tepat pada tanggal 5 Januari 1963. 

Dari situlah, yang pada akhirnya ditetapkan tanggal 5 Januari sebagai Hari Korps Wanita Angkatan Laut Indonesia (KOWAL). 

Bagi yang ingin ikut serta merayakan hari spesial ini, untuk ungkapan dan link twibbonnya bisa disimak di bawah ini ya! 

Halaman:

Editor: Sani Charonni


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x