Tata Cara Sholat Hajat Lengkap dengan Keutamaan, Niat, dan Doanya

- 29 Desember 2023, 15:14 WIB
Artikel ini memuat tentang tata cara sholat hajat lengkap dengan keutamaan, niat, dan doanya.
Artikel ini memuat tentang tata cara sholat hajat lengkap dengan keutamaan, niat, dan doanya. /PIXABAY/Fuzz

BERITA DIY – Artikel berikut memuat informasi tentang tata cara salat hajat, lengkap dengan keutamaan, niat, dan doanya.

Bagi umat Islam, salat hajat memiliki berbagai keutamaan dan mampu menghasilkan keajaiban yang luar biasa.

Siapapun yang memiliki hajat atau keinginan tertentu, hendaknya ia segera melakukan salat hajat agar hal tersebut segera dikabulkan.

Kebutuhan atau keinginan yang ingin didoakan tidak harus sesuatu yang besar, bisa jadi hanya berupa sesuatu yang ringan dan kebutuhan sehari-hari, seperti kesehatan.

Baca Juga: PENGUMUMAN! UMKM Bisa Dapat BLT 2 Juta Tanpa Terdaftar BPUM BRI eform.bri.co.id di 2024, Daftar Online Kesini

Rasulullah SAW tidak hanya mengajarkan untuk berdoa saja ketika memiliki keinginan, tetapi mendahulukan salat dua rakaat, yakni salat hajat.

Hal ini sesuai dengan hadist yang diriwayatkan oleh Tirmidzi, yakni Hendaklah salah seorang dari kalian senantiasa meminta kebutuhannya kepada Tuhan, sampai pun ketika meminta garam, sampai pun meminta tali sandalnya ketika putus.

Hukum melaksanakan salat hajat adalah sunah. Waktu yang dianjutkan untuk mengerjakan ibadah ini adalah sepertiga malam terakhir.

Namun, apabila tidak pada waktu tersebut, boleh dilaksanakan ketika siang atau malam hari. Yang terpenting, tidak dilakukan dalam waktu-waktu yang terlarang untuk mengerjakan salat.

Baca Juga: Cara Ambil DANA Kaget Hari Ini 28 Desember 2023 dari Reka Media Tambah Saldo Dana Rp 100 Ribu

Halaman:

Editor: Bagus Aryo Wicaksono


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x