Bacaan Doa Saat Terjadi Gempa Bumi Sesuai Sunnah Islam, Ini Bacaan Arab, Latin, dan Terjemahannya!

- 29 April 2024, 10:10 WIB
Illustrasi - Bacaan doa saat terjadi gempa, sesuai sunnah Islam. Lengkap dengan bacaan Arab, latin, dan terjemahannya.
Illustrasi - Bacaan doa saat terjadi gempa, sesuai sunnah Islam. Lengkap dengan bacaan Arab, latin, dan terjemahannya. /Pixabay/Konevi

BERITA DIY - Berikut ini adalah informasi tentang bacaan doa saat terjadi gempa bumi sesuai dengan sunnah Islam. Lengkap dengan bacaan Arab, latin, dan terjemahannya. 

Salah satu fenomena yang alam yang kerap mendatangkan ketakutan bahkan sampai kerusakan besar bagi umat manusia adalah gempa bumi. 

Terlebih saat gempa bumi terjadi, orang-orang berupaya untuk mencari perlindungan diri dan tak jarang rasa panik, ketakutan, serta kesedihan melanda. 

Di Indonesia sendiri, fenomena alam gempa bumi ini kerap terjadi. Oleh karenanya, umat Muslim dianjurkan untuk memperbanyak membaca dzikir apabila gempa terjadi. 

Baca Juga: Bacaan Doa Halal Bihalal Menyentuh Hati saat Lebaran Idul Fitri 2024 Teks Singkat Acara Silaturahmi & Artinya

Bukan tanpa alasan, melainkan ajaran tersebut sesuai sunnah Nabi Muhammad SAW. Memperbanyak dzikir pada saat terjadi gempa merupakan upaya untuk memohon perlindungan kepada Allah Swt. Selain itu juga untuk memohon dijauhkan dari keburukan dan menguatkan hati yang terpukul. 

Gempa bumi sudah terjadi sejak zaman para Nabi terdahulu, bahkan tertuang dalam kitab suci Al-Qur’an pada Qur’an Surat Al A’raf. 

Dalam surah Al A'raf ayat 91, Allah SWT berfirman,

فَاَخَذَتْهُمُ الرَّجْفَةُ فَاَصْبَحُوْا فِيْ دَارِهِمْ جٰثِمِيْنَۙ

Halaman:

Editor: Aziz Abdillah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x