Apa Itu Minggu Guadete? Ini Makna Lilin Merah Muda Dinyalakan pada Minggu Adven Ketiga Katolik

- 16 Desember 2023, 14:50 WIB
Minggu gaudete dan makna lilin merah muda yang dinyalakan pada hari Minggu Adven ketiga Katolik.
Minggu gaudete dan makna lilin merah muda yang dinyalakan pada hari Minggu Adven ketiga Katolik. /PIXABAY/MarioEppinger

BERITA DIY - Simak informasi apa itu Minggu Gaudete, lengkap dengan makna lilin merah muda yang dinyalakan pada minggu adven ketiga Gereja Katolik.

Masa Adven telah dimulai sejak tangal 2-3 Desember 2023 yang lalu dan akhir pekan ini, umat Gereja Katolik akan memasuki minggu adven ketiga.

Pada minggu adven ketiga, terdapat suatu hal yang istimewa yaitu akan dinyalakannya lilin berwarna merah muda atau pink pada korona atau lingkaran adven.

Minggu ketiga pada masa adven ini disebut dengan minggu gaudete, apa artinya? Berikut penjelasan makna secara lengkap.

Baca Juga: Renungan Minggu Adven 2, 10 Desember 2023: Menjadi Pembawai Damai

Dilansir dari katolikpedia.id, kata Gaudete berasal dari bahasa latin yang berarti sukacita, maka dinyalakanlah lilink berwarna merah muda bersama dengan dua lilin berwarna ungu lainnya.

Mengutip katolisitas.org, warna merah muda ini memiliki makna sukacita dan kebahagiaan serta mengingatkan natal sebentar lagi akan tiba.

Sebagaimana diketahui, pada masa adven ini, umat Katolik merayakan dua bagian perjalanan yaitu menyambut kedatangan Tuhan yang kedua kali dan menyambut kedatangan Tuhan Yesus yang pertama kali yaitu pada 25 Desember 2023.

Minggu ketiga adven ini, umat Katolik diajak untuk menyiapkan kedatangan Tuhan Yesus Kristus yang pertama kali sebagai juru selamat yang dirayakan setiap tanggal 25 Desember.

Halaman:

Editor: Sani Charonni


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x