Warna Lilin Adven Natal 2023 Apa? Ini Arti 4 Lilin Adven dan Warna Liturgi Gereja Katolik Selama Masa Adven

- 2 Desember 2023, 15:15 WIB
Ilustrasi - Mengenal warna lilin adven lengkap dengan arti dan warna liturgi selama masa adven.
Ilustrasi - Mengenal warna lilin adven lengkap dengan arti dan warna liturgi selama masa adven. /PIXABAY/ frankeh

BERITA DIY - Ketahui apa warna lilin adven natal 2023 lengkap denngan arti 4 warna lilin adven dan warna liturgi di masa Adven hingga natal.

Umat Katolik akan memasuki masa adven yang dimulai tepat pada hari Minggu, 3 Desember 2023 dan akan berakhir pada tanggal 24 Desember 2023 mendatang.

Masa Adven ini merupakan masa persiapan natal yang merupakan perayaan kedatangan Yesus Kristus Sang Juru Selamat dengan berbagai macam kekhasannya.

Salah satunya adalah akan dinyalakannya lilin adven yang diletakkan dalam Korona Adven atau lingkaran Adven. Namun apa saja warna lilin tersebut dan apa warna liturgi pada masa Adven? Berikut penjelasan lengkapnya.

Baca Juga: Apa Itu Masa Adven 2023, Mulai Tanggal Berapa? Link Panduan Adven Keuskupan Agung Jakarta, Semarang, Surabaya

Dilansir dari laman Gereja Katolik St. Marinus Yohanes, Warna liturgi pada masa Adven adalah warna ungu sebagai lambang pertobatan dan penyesalan.

Namun pada hari minggu minggu adven ketiga terdapat sedikit perbedaan di mana warna liturgi yang digunakan adalah merah muda atau pink.

Perbedaan pengguna warna pada minggu adven ketiga ini mengingat minggu adven ketiga disebut pula dengan minggu gaudete yang mana berarti sukacita

Namun perlu diingat bahwa warna liturgi ini hanya berkaitan dengan para petugas liturgi yang akan bertugas selama misa atau perayaan ekaristi, umat tidak harus mengikuti dan bisa menggunakan busana yang layak dan sopan.

Halaman:

Editor: Sani Charonni


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x