Dobby Syndrom Adalah Apa? Ini Penyebab dan Cara Mengatasi Masalah Kesehatan Mental

- 13 November 2023, 11:40 WIB
Ilustrasi. Dobby Syndrom adalah apa, penyebab dan cara mengatasi.
Ilustrasi. Dobby Syndrom adalah apa, penyebab dan cara mengatasi. /PIXABAY/1388843/

BERITA DIY - Ketahui Dobby Syndrom adalah apa lengkap dengan penyebab dan cara mengatasi masalah kesehatan yang sedang viral belakangan ini.

Akhir-akhir ini, kesehatan mental menjadi salah satu topik yang menarik untuk dibahas. Beberapa istilah kesehatan mental bermunculan dan banyak digunakan.

Salah satu yang banyak diperbincangkana dalah tentang Dobby Syndrom, salah satu istilah dalam psikologi yang menjelaskan suatu tindakan atau fenomena kesehatan mental tertentu.

Dilansir dari exploringyourmind.com, diketahui istilah Dobby Syndron atau Doobby Effect terinspirasi dari sosok Dobby, peri atau elf yang ada di buku dan film Harry Potter.

Baca Juga: Ada Apa 23 November 2023, Memperingati Hari Apa, Viral Akan Terjadi Perang Dunia 3, Benarkah Ramalan Alexa?

Dobby merupakan karakter peri rumah tangga yang dikenal sering melukai dirinya sendiri setiap kali dia tidak memenuhi ekspektasi majikannya.

Dobby Syndrom atau efek dobby ini terjadi tak lepas dari peran seseorang saat memperlakukan dirinya sendiri. Perasaan bersalah setelah melakukan sesuatu yang bertentangan dengan nilai di dimiliki menjadi salah satunya.

Seseorang yang mengalami Dobby Syndrom biasanya akan terus menerus menghukum dirinya sendiri karena merasa bersalah atas segala hal.

Orang tersebut kemudian secara tidak sadar akan memikul terlalu banyak tanggung jawab di pundak. Jika tidak kuat, seseorang akan cenderung melakukan aktivitas melukai diri sendiri atau self harm.

Halaman:

Editor: Sani Charonni


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x