Cacar Monyet Masuk Indonesia, Apakah Obat Cacar Monyet Gratis dan Ditanggung BPJS? Ini Daftar Obatnya

- 1 November 2023, 15:32 WIB
Penyakit cacar monyet sudah masuk Indonesia, lalu apakah obat cacar monyet gratis dan ditanggung BPJS? Simak daftar obatnya.
Penyakit cacar monyet sudah masuk Indonesia, lalu apakah obat cacar monyet gratis dan ditanggung BPJS? Simak daftar obatnya. /PIXABAY/@TheDigitalArtist

BERITA DIY - Saat ini penyakit cacar monyet sudah masuk Indonesia, lalu apakah obat cacar monyet gratis dan ditanggung BPJS? Simak daftar obatnya.

Penyakit cacar monyet mulai kembali ditemukan di Indonesia tepatnya pada Sabtu, 14 Oktober 2023.

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menyebut bahwa kasus cacar monyet kali ini disebabkan oleh transmisi lokal karena pasien diketahui tidak memiliki riwayat perjalanan ke luar negeri.

Mulai merebaknya kasus cacar monyet ini tentu membuat khawatir. Masyarakat pun mulai mencari tahu apakah obat cacar monyet gratis dan ditanggung BPJS atau tidak.

Baca Juga: Apa Itu MPOX? Ini Penyebab, Gejala dan Pengobatan Penyakit Monkey POX Waspadai Virus Cacar Monyet

Kekhawatiran masyarakat tentu bukan tanpa alasan, karena menurut Maxi Rein, Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kemenkes, jumlah total kasus cacar monyet di Indonesia bisa mencapai 3.600 kasus dan diperkirakan dapat bertambah jika intervensi serta edukasi tidak berjalan dengan baik.

Apa Itu Cacar Monyet?

Melansir dari WHO, monkeypox atau cacar monyet adalah penyakit yang disebabkan oleh virus monkeypox. Penyakit ini termasuk virus zoonosis, yang berarti dapat menyebar dari hewan ke manusia. Setelah manusia terinfeksi, penyebaran juga dapat menyebar dari orang ke orang.

Cacar monyet sendiri lebih beresiko dialami oleh orang yang sering bergonta ganti pasangan dan hubungan seks sesama pria.

Halaman:

Editor: Muhammad Suria


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x