Waspadai Virus Clade atau Cacar Monyet di Indonesia, Simak Gejala dan Bagaimana Penularan Terjadi

- 29 Agustus 2022, 10:35 WIB
Ilustrasi - Simak gejala dan bagaimana virus Clade atau cacar monyet bisa menular, berikut sebagai bentuk kewaspadaan terhadap penularan di Indonesia.
Ilustrasi - Simak gejala dan bagaimana virus Clade atau cacar monyet bisa menular, berikut sebagai bentuk kewaspadaan terhadap penularan di Indonesia. /UNSPLASH/@nci

BERITA DIY - Simak gejala dan bagaimana penularan virus Clade atau cacar monyet bisa terjadi, sebagai bentuk waspada terhadap penularannya di Indonesia.

Virus Clade atau cacar monyet kini harus diwaspadai keberadaannya di Indonesia setelah dikonfirmasinya pasien pertama pada 20 Agustus 2022 lalu.

Sebagai penyakit menular yang telah menjadi perhatian utama World Health Organization (WHO), penyakit cacar monyet memiliki proses penularan yang cukup cepat.

Penyakit yang mengakibatkan gangguan kesehatan pada kulit tersebut, pada awalnya merupakan penyakit zoonosis yang menyebar melalui hewan.

Baca Juga: Cara Mencegah HIV AIDS dan Update Terbaru Penyebaran Virus Ini di Bandung Menurut Dinas Kesehatan

Namun kini penyakit tersebut bisa menular dari manusia, di mana penularan cacar monyet meluas di kondisi pasca pandemi saat ini ketika pembatasan bepergian mulai longgar.

Diketahui cacar monyet bisa menular dengan cara-cara berikut ini:

1. Kontak langsung dengan pasien

Ketika seseorang bersentuhan kulit, terkena droplet pernapasan, menyentuh langsung luka cacar, ataupun menyentuh cairan tubuh dari pasien.

Halaman:

Editor: Muhammad Suria


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x