Cara DC agar Tidak Tagih Utang ke Keluarga usai Galbay dan Daftar Pinjol OJK yang Belum Punya Debt Collector

- 19 Oktober 2023, 15:55 WIB
Ilustrasi - Cara DC agar tidak tagih utang ke keluarga usai galbay dan daftar pinjol atau pinjaman online OJK yang belum punya debt collector.
Ilustrasi - Cara DC agar tidak tagih utang ke keluarga usai galbay dan daftar pinjol atau pinjaman online OJK yang belum punya debt collector. /Foto PIXABAY/Janeb13

BERITA DIY- Simak informasi selengkapnya di sini cara DC agar tidak tagih utang ke keluarga usai galbay dan daftar pinjol atau pinjaman online OJK yang belum punya debt collector.

Berbagai aplikasi pinjol atau pinjaman online yang marak ditemukan sekarang ini membuat masyarakat harus berhati-hati untuk memilik pinjol yang aman untuk digunakan agar tidak mendapatkan risiko yang tinggi.

Seperti diketahui salah satu risiko yang ditakuti adalah dikejar DC atau debt collector yang datang ke rumah menagih utang pinjol, terlebih utang sudah berlarut-larut.

Oleh karena itu OJK atau Otoritas Jasa Keuangan meminta agar nasabah tidak menggunakan pinjol atau pinjaman online ilegal yang tidak memiliki izin resmi.

Baca Juga: Debt Collector Pinjol Shopee SPinjam Sampai Kapan Tagih Utang? Ini Aturan Penagihan dari OJK usai Galbay

Karena hal itu bisa membahayakan diri Anda. DC pinjol ilegal tidak akan tahu tempat dan waktu dalam melakukan penagihan, seperti banyaknya kasus-kasus penagihan secara sembarangan di tempat publik.

Bukan hanya malu yang didapat dari lingkungan nasabah yang galbay dan dikejar DC nantinya akan mendapati skor BI Checking kotor sehingga tidak meminjam lagi di aplikasi pinjol OJK manapun atau bank lain.

Agar hal itu terjadi, sebaiknya segera melakukan pelunasan utang jika saat sedang galbay, terlebih meminjam di pinjol ilegal, karena sampai kapanpun Anda tidak akan bisa bebas dari kejarannya.

Berbeda dengan hal itu, memakai pinjol legal OJK masih aman karena, DC atau debt collector akan diatur cara penagihannya atau memiliki etika yang harus dipatuhi sehingga mereka hanya boleh menagih sesuai alamat rumah yang terdaftar.

Baca Juga: Setop Bayar Langsung ke DC Pinjol! Pakai Cara OJK Ini agar Debt Collector Batal ke Rumah usai Galbay

Halaman:

Editor: Aziz Abdillah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x