Apa Itu Zat Pewarna Karmin yang Diharamkan Bahtsul Masail NU Jatim, Dipakai Sebagai Bahan Produk Apa Saja?

- 28 September 2023, 09:45 WIB
Penjelasan apa itu pewarna karmin, pewarna alami karmin halal atau haram, dan daftar produk mengandung karmin yang perlu diketahui.
Penjelasan apa itu pewarna karmin, pewarna alami karmin halal atau haram, dan daftar produk mengandung karmin yang perlu diketahui. /Tangkap layar quora.com

 

BERITA DIY - Banyak yang mencari mengenai pewarna alami karmin apakah halal, produk apa saja yang mengandung karmin, apa itu pewarna karmin apakah aman?

Simak tentang apa itu zat pewarna karmin yang diharamkan Bahtsul Masaul NU Jatim (Nahdlatul Ulama Jawa Timur), dipakai sebagai bahan produk apa saja?

Apa itu pewarna karmin?

Pewarna karmin adalah salah satu zat pewarna alami yang berasal dari kutu daun (cochineal) yang menghasilkan warna merah atau merah muda.

Penggunaan pewarna karmin aman dan diizinkan oleh sejumlah badan pengawas makanan internasional karena tidak berdampak buruk saat dikonsumsi oleh manusia.

Baca Juga: Rekomendasi Pengganti Sekam Bakar sebagai Media Tanam, Apa Itu Cocopeat?

Meski demikian, karena karmin berasal dari serangga. Ada sejumlah orang yang memiliki reaksi alergi terhadapnya.

Oleh karenanya, pewarna alami dari serangga ini kini juga bisa diganti dari olahan tumbuhan yang lebih ramah vegan atau vegetarian.

Apakah pewarna alami karmin halal?

Menurut Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI), penggunaan pewarna karmin yang berasal dari serangga cochineal adalah halal. Ini diputuskan pada tahun 2011 oleh MUI melalui Keputusan Komisi Fatwa MUI Nomor 33 Tahun 2011. Serangga Cochineal hidup di kaktus dan mengambil nutrisi dan kelembaban dari tanaman. Darahnya tidak mengalir. Beberapa dalil mendasari fatwa ini, seperti hadis berikut:

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x