Tidak Bayar Pinjol 90 Hari Apa Efeknya? Ini Kata OJK Soal Penagihan DC dan Pencatatan BI Checking usai Galbay

- 25 September 2023, 11:17 WIB
Tidak bayar pinjol 90 hari apa efeknya? ini kata OJK soal penagihan DC atau debt collector pinjaman online hingga pencatatan BI Checking usai galbay.
Tidak bayar pinjol 90 hari apa efeknya? ini kata OJK soal penagihan DC atau debt collector pinjaman online hingga pencatatan BI Checking usai galbay. /Ilustrasi. Facebook.com/@Tiyas Alesa

BERITA DIY- Tidak bayar pinjol 90 hari apa efeknya? ini kata OJK soal penagihan DC atau debt collector pinjaman online hingga pencatatan BI Checking usai galbay atau gagal bayar, ketahui informasi selengkapnya di sini.

Saat ini banyak nasabah pinjol atau pinjaman online yang terjebak masalah galbay atau tidak membayar utang pinjol sesuai dengan tenggat yang telah ditentukan.

Banyaknya masalah galbay pinjol tersebut, membuat sebagian nasabah bertanya apa yang akan terjadi apabila tidak bayar utang selama 90 hari atau lebih baik pinjol legal atau ilegal.

Atas permasalahan tersebut, OJK atau Otoritas Jasa Keuangan membuat aturan soal penagihan DC atau debt collector yang akan menagih utang usai galbay ke rumah nasabah.

Baca Juga: Lakukan Ini Sebelum Pakai Pinjol OJK, DC Tidak Teror Utang usai Galbay dan Daftar Pinjol Punya Debt Collector

Seperti yang telah diketahui memakai pinjol atau pinjaman online memiliki banyak risiko seperti didatangi DC atau debt collector dan bahkan skor BI Checking yang akan menjadi ancaman.

Berutang di pinjol legal OJK akan tercatat skor BI Checking di SLIK OJK, namun skor tersebut bukan berarti membuat Anda tidak bisa meminjam lagi di bank atau pinjol lain.

Skor BI Checking itu digunakan untuk melihat kedisiplinan Anda dalam membayar utang pinjol atau bank, jika Anda tepat waktu dalam membayar utang maka skor BI Checking Anda akan bagus sehingga OJK menilai Anda adalah orang yang taat dalam membayar utang.

Hal itu bermanfaat jika Anda ingin melakukan pinjaman lagi dilain hari, dan bank atau pinjol akan menganggap Anda adalah orang yang dipercaya dalam membayar utang.

Baca Juga: Lewat 90 Hari Galbay Apa Risikonya? DC Pinjol Tidak Teror pada Waktu Ini dan Cara Cek Skor BI Checking di OJK

Halaman:

Editor: Muhammad Suria


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x