Kapan Malam 1 Suro, Malam 1 Muharram 2023 Jatuh Tanggal Berapa? Ini Arti Malam Satu Suro Bagi Islam

- 16 Juli 2023, 16:45 WIB
Ilustrasi. Info kapan malam 1 Suro, malam 1 Muharram 2023 jatuh tanggal berapa, ini arti malam satu Suro bagi Islam. Bacaan doa niat puasa Asyura.
Ilustrasi. Info kapan malam 1 Suro, malam 1 Muharram 2023 jatuh tanggal berapa, ini arti malam satu Suro bagi Islam. Bacaan doa niat puasa Asyura. /Pixabay/mohamed_hassan

 

BERITA DIY - Berikut info kapan malam 1 Suro, malam 1 Muharram 2023 jatuh tanggal berapa, ini arti malam satu Suro bagi Islam. Bacaan doa niat puasa Asyura.

Malam satu Suro adalah hari pertama di kalender Jawa. Istilah Suro di masyarakat Jawa berasal dari sebutan bulan Muharram atau Asyura dalam kalender Islam.

Sementara, tanggal 1 Muharram merupakan bulan pertama dalam kalender Hijriah, biasanya disebut dengan Tahun Baru Islam.

Untuk diketahui, kapan malam 1 Suro yakni bertepatan pada 1 Muharram. Penggabungan kalender Islam dan Jawa ini dilakukan pertama kali oleh Sultan Agung di Kerajaan Mataram Islam.

Baca Juga: Benarkah Tidak Boleh Keluar Saat Malam Satu Suro, Apa Berbahaya? Ternyata Ini Alasan dan Larangan Malam 1 Sura

Kapan malam 1 Suro jatuh tanggal berapa?

Untuk dicatat, 1 Muharram 2023 jatuh pada tanggal Rabu 19 Juli 2023. Alhasil malam 1 Suro ada apada Selasa 18 Juli 2023.

Sejumlah kota mengadakan perayaan malam satu Suro dengan adat-istiadatnya masing-masing. Di Jogja, para abdi dalem Kraton Nyayogyakarta mengadakan pencucian pusaka.

Di Kraton Surakarta Kota Solo, masyarakat sekitar mengadakan arak-arakan sapi bule mengitari kraton.

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x