Niat Puasa Arafah Sebelum Idul Adha dengan Lafal dan Artinya, Puasa Sunnah Amalan Penghapus Dosa

- 26 Juni 2023, 10:50 WIB
 Niat puasa Arafah sebelum Idul Adha 2023 dengan lafal dan artinya, puasa sunnah 9 Dzulhijjah amalan penghapus dosa.
Niat puasa Arafah sebelum Idul Adha 2023 dengan lafal dan artinya, puasa sunnah 9 Dzulhijjah amalan penghapus dosa. /Freepik/@freepik

BERITA DIY – Berikut niat puasa Arafah sebelum Idul Adha dengan lafal dan artinya. Puasa sunnah amalan penghapus dosa.

Puasa Arafah adalah puasa sunnah sebelum dilaksanakannya hari raya qurban. Baca niat puasa Arafah sebelum Idul Adha ada di sini.

Umat Islam dianjurkan untuk memperbanyak amalan sejak tanggal 1 Dzulhijjah hingga 9 Dzulhijjah dan salah satunya dengan berpuasa sunnah Arafah. Ketahui niat puasa Arafah sebelum Idul Adha agar sempurna ibadahnya.

Menjalankan puasa Arafah sebagai amalan penghapus dosa. Untuk menyempurnakan puasa sunnah ini, baca niat puasa Arafah sebelum Idul Adha.

Baca Juga: Niat Puasa Arafah dan Tarwiyah 2 Hari Sebelum Idul Adha pada 8 dan 9 Dzulhijjah: Dilaksanakan Tanggal Berapa?

Dalam riwayat Abu Qatadah radhiyallahu anhu, Rasulullah Saw bersabda yang artinya, “Puasa hari Arafah dapat menghapus dosa dua tahun yang telah lepas dan akan datang, dan puasa Asyura (tanggal 10 Muharram) menghapuskan dosa setahun yang lepas.” (HR. Muslim)

Kemudian dalam riwayat Ibnu Abbas radhiyallahu anhu, Rasulullah Saw bersabda yang artinya, “Tidak ada perbuatan yang lebih disukai oleh Allah daripada perbuatan baik yang dilakukan pada sepuluh hari pertama di bulan Dzulhijjah. Para sahabat bertanya: Ya Rasulullah, walaupun jihad di jalan Allah? Sabda Rasulullah: Walau jihad pada jalan Allah, kecuali seorang lelaki yang keluar dengan dirinya dan harta bendanya, kemudian kembali tanpa membawa apa-apa.” (HR. Bukhari)

Halaman:

Editor: Bagus Aryo Wicaksono


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x