Golongan PNS yang Dapat THR dan Gaji 13 Tertinggi di Indonesia, Presiden Jokowi dan DPR Dapat Berapa?

- 14 April 2023, 15:04 WIB
Lihat golongan PNS yang dapat THR dan gaji 13 tertinggi di Indonesia, berapa THR gaji 13 Presiden Jokowi, wakil presiden dan anggota DPR.
Lihat golongan PNS yang dapat THR dan gaji 13 tertinggi di Indonesia, berapa THR gaji 13 Presiden Jokowi, wakil presiden dan anggota DPR. /Tangkap layar setkab.go.id

BERITA DIY - Berikut golongan PNS yang dapat THR dan gaji 13 tertinggi di Indonesia, Presiden Jokowi dan DPR dapat berapa?

Menteri Keuangan Sri Mulyani telah mengumumkan Tunjangan Hari Raya (THR) Lebaran cair pada 4 April 2023 hingga H-10 Idul Fitri 1444 H.

THR PNS akan diberikan kepada Aparatur Sipil Negara (ASN), TNI dan Polri serta pensiunan. Tak hanya itu, presiden, wakil presiden dan anggota DPR juga mendapatkan THR.

 

Tak hanya THR PNS, presiden, wakil presiden serta anggota DPR juga mendapatkan gaji 13 yang komponennya sama dengan THR Lebaran.

Baca Juga: Hanya di Provinsi Ini THR Cair ke Tenaga Honorer Senilai 1 Kali Gaji

Adapun komponen THR PNS 2023 antara lain gaji pokok, ditambah tunjangan yang melekat pada gaji pokok, yaitu tunjangan keluarga, tunjangan pangan, dan tunjangan jabatan struktural, fungsional, atau tunjangan umum lainnya, serta tunjangan kinerja per bulan sebesar 50 persen.

Lalu berapa besaran THR Presiden Jokowi?

Ditetapkan dalam Undang-Undang (UU) 7/1978 bahwa gaji presiden adalah enam kali gaji pokok tertinggi pejabat negara selain presiden dan wakil presiden. Sementara wakil presiden adalah empat kali gaji pokok tertinggi pejabat negara.

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x