Tingkatan Moksa dalam Ajaran Hindu, Ini 4 Tingkatan Kebebasan yang Didapat Seseorang Sebagai Tujuan Tertinggi

- 27 Maret 2023, 16:05 WIB
Ilustrasi - Informasi tingkatan Moksa dalam ajaran agama Hindu, ini 4 tingkatan kebebasan yang didapat seseorang di dunia sebagai tujuan tertinggi.
Ilustrasi - Informasi tingkatan Moksa dalam ajaran agama Hindu, ini 4 tingkatan kebebasan yang didapat seseorang di dunia sebagai tujuan tertinggi. /Pexels.com/@beralt84

BERITA DIY - Berikut informasi tingkatan Moksa dalam ajaran agama Hindu, ini 4 tingkatan kebebasan yang didapat seseorang di dunia sebagai tujuan tertinggi.

Kebebasan yang didapat oleh seseorang di dunia ini, dalam ajaran Hindu memiliki beberapa tingkatan sebelum menuju Moksa.

Moksa sendiri dalam ajaran agama Hindu merupakan tingkatan tertinggi atau tujuan tertinggi dalam sebuah tingkatan kehidupan.

Dikutip dari laman Kemenag.go.id, salah satu ajaran susila yang menuntun manusia dalam bertingkah laku adalah Catur Purusa Artha.

Baca Juga: Tingkatan Moksa dalam Ajaran Hindu dan Pengertiannya: Samipya, Sarupya, dan Salokya.

Yaitu, empat tangga atau tujuan yang harus dilewati dalam kehidupan atau kelahiran saat ini. Empat tanggal atau tujuan tersebut adalah Dharma Artha, Kama dan Moksha (Moksa) yang menjadi tujuan tertinggi.

Adapun Moksha sendiri akan dapat dicapai ketika manusia melewati ketiga tangga yang ada dengan benar dan baik.

Halaman:

Editor: Aziz Abdillah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x