Apa Itu Topografi? Ini Fungsi, Manfaat, dan Contoh: Apakah Sama dengan Peta Topografi, Simak Penjelasannya!

- 17 Maret 2023, 12:55 WIB
Ilustrasi - Pengertian apa itu Topografi, fungsi, manfaat, dan contoh, apakah sama dengan peta Topografi, simak penjelasan arti di KBBI Indonesia.
Ilustrasi - Pengertian apa itu Topografi, fungsi, manfaat, dan contoh, apakah sama dengan peta Topografi, simak penjelasan arti di KBBI Indonesia. /PEXELS/Ylanite Koppens

BERITA DIY - Simak pengertian apa itu Topografi, fungsi, manfaat, dan contoh, apakah sama dengan peta Topografi, serta penjelasan arti di KBBI Indonesia.

Istilah Topografi merupakan kata yang sering digunakan di lingkup Ilmu Pengetahuan Sosial terkait ilmu geografi, namun mungkin sebagian orang belum mengetahui maksud dari Topografi.

Lalu apa pengertian Topografi, fungsi, manfaat, dan contoh, apakah ada hubungannya dengan peta Topografi? Cek arti dan maksud Topografi di sini.

Jika melihat pengertian Topografi berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), ada 4 penjelasan. Pertama, diartikan sebagai kajian atau penguraian yang terperinci tentang keadaan muka bumi pada suatu daerah.

Baca Juga: Apa Itu Quarter Life Crisis? Ciri Orang Sedang Mengalami Quarter Life Crisis, Dampak, Fase dan Cara Atasi QLC

Kedua, diartikan sebagai pemetaan yang terperinci tentang muka bumi pada daerah tertentu. Lalu juga dapat diartikan sebagai keadaan muka bumi pada suatu kawasan atau daerah.

Keempat, Topografi juga diartikan sebagai uraian tentang suatu bagian tubuh sampai ke segala hal ihwal anatominya. Umumnya Topografi berbentuk relief pemukaan, model tiga dimensi, dan identifikasi jenis lahan.

Halaman:

Editor: Muhammad Suria


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x