Apa Itu Karya Ilmiah? Simak Struktur dan Contohnya untuk Menulis Karya Ilmiah yang Benar di Sini

- 16 Maret 2023, 16:40 WIB
Ilustrasi - Simak penjelasan mengenai apa itu karya ilmiah, bagaimana struktur penulisan, dan contoh karyanya di link ini.
Ilustrasi - Simak penjelasan mengenai apa itu karya ilmiah, bagaimana struktur penulisan, dan contoh karyanya di link ini. /UNSPLASH/@wilhelmgunkel

BERITA DIY - Simak penjelasan terkait apa itu karya ilmiah, bagaimana struktur penulisan, serta contohnya di sini, sehingga bisa menulis karya ilmiah yang benar dan bagus.

Sebagai salah satu jenis karya tulis di Indonesia, tentunya karya ilmiah wajib untuk ditulis dengan benar dan sesuai fakta yang ada untuk bisa dibaca masyarakat umum.

Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), karya ilmiah merupakan karya tulis yang dibuat dengan prinsip-prinsip ilmiah.

Prinsip ilmiah yang dimaksud KBBI adalah penggunaan data dan fakta yang berasal dari kegiatan observasi, eksprimen, maupun kajian pustaka dalam pembuatan karya tulis.

Alasan mengapa penggunaan prinsip ilmiah yang didasarkan pada data dan fakta wajib digunakan dalam pembuatan karya ilmiah adalah tujuan utama dari tulisan tersebut.

Baca Juga: Apa Arti Wedhus Gembel Saat Erupsi Gunung Merapi? Ini Artinya dan Penjelasan Ilmiah

Tujuan dibuatnya karya ilmiah adalah untuk menjelaskan secara logis dan sistematis suatu materi terhadap pembacanya, sehingga tidak boleh mengandung unsur hoax atau data yang tidak benar.

Hingga saat ini, karya ilmiah kerap dijadikan sebagai tugas untuk pelajar sekolah hingga mahasiswa di Indonesia untuk menunjukkan pengetahuan yang telah dipelajari.

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin

Sumber: FKM UI


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x