Tata Cara Puasa Nisfu Syaban Tanggal Berapa Saja: Niat, Keutamaan, Hukum, Bisa Digabung Puasa Ganti Ramadhan?

- 8 Maret 2023, 15:24 WIB
Ilustrasi. Ini tata cara puasa Nisfu Syaban tanggal berapa saja, lengkap niat, doa buka puasa, keutamaan, hukum, apa puasa Nisfu Sya'ban bisa digabung puasa ganti Ramadhan?
Ilustrasi. Ini tata cara puasa Nisfu Syaban tanggal berapa saja, lengkap niat, doa buka puasa, keutamaan, hukum, apa puasa Nisfu Sya'ban bisa digabung puasa ganti Ramadhan? /PEXELS/khats cassim

BERITA DIY - Berikut niat puasa Nisfu Sya'ban, berapa hari, apa keutamaan puasa Nisfu Syaban, 2023 ini jatuh pada tanggal berapa dan apa puasa Nisfu Syaban bisa digabung puasa ganti Ramadhan?

Simak tata cara puasa Nisfu Syaban tanggal berapa saja, lengkap niat, doa buka puasa, keutamaan, hukum, apa puasa Nisfu Sya'ban bisa digabung puasa ganti Ramadhan?

Sebelumnya, Nisfu Syaban artinya adalah pertengahan bulan Syaban. Oleh karena itu, puasa Nisfu Sya'ban bisa dilakukan pada tanggal 15 bulan Sya'ban.

 

Lalu, kapan tanggal berapa saja puasa Nisfu Syaban dan puasa Nisfu Sya'ban berapa hari? Ini penjelasannya.

Baca Juga: Niat Sholat Nisfu Sya'ban Sunnah: Kapan, Berapa Rakaat, Tata Cara, Bacaan Yasin 3 Kali Doa Malam Nisfu Syaban

Untuk diketahui, menurut kalender Nahdlatul Ulama, Nisfu Syaban 2023 jatuh pada tanggal Rabu, 8 Maret 2023. Sementara, kalender Muhammadiyah puasa Nisfu Syaban bertepatan pada hari Selasa, 7 Maret 2023.

Dari kedua kalender organisasi Islam terbesar di Indonesia bisa disimpulkan, umat Islam bisa mengerjakan puasa Nisfu Syaban selama 2 hari. Namun pokok waktunya puasa Nisfu Sya'ban hanya satu kali, bisa pada 7 atau 8 Maret 2023.

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah