Apa Itu Tahun Kabisat? Ketahui Pengertian dan Penyebab Terjadinya Hanya Pada Tahun yang Akan Habis Dibagi 4

- 28 Februari 2023, 19:10 WIB
Ilustrasi - Definisi apa itu tahun kabisat lengkap pengertian dan penyebab terjadinya pada tahun yang habis dibagi 4.
Ilustrasi - Definisi apa itu tahun kabisat lengkap pengertian dan penyebab terjadinya pada tahun yang habis dibagi 4. /Freepik/macrovector

BERITA DIY - Penjelasan mengenai apa itu tahun kabisat banyak dicari oleh masyarakat untuk mengetahui pengertian dan penyebab mengapa terjadi tersaji dalam ulasan informasi artikel berikut ini.

Definisi apa itu tahun kabisat lengkap pengertian dan penyebab terjadinya pada tahun yang habis dibagi 4 adalah pengetahuan yang bermanfaat terkait perhitungan tahun pada masehi.

Dilansir dalam Jurnal Diskursus Perkembangan Formulasi Kalender Hijriah dari UIN Alauddin Makassar, apa itu tahun kabisat dijelaskan lengkap dengan penyebab terjadinya.

"Jumlah hari setiap bulan tidak selalu tetap bisa saja 29 atau 30 hari. Jumlah hari dalam satu tahun bisa 355 (tahun basithah) atau 356 hari (tahun Kabisat)," dikutip dalam Jurnal UIN Alauddin Makassar.

Baca Juga: 4 Fenomena Matahari Terjadi Tahun 2023 Lengkap Jadwal Kapan Terjadi Peristiwa Langit

Tahun kabisat adalah tahun yang mendapatkan penambahan 1 hari dalam satu tahun. Penambahan satu hari ini dilakukan pada tahun-tahun yang habis jika dibagi 4.

Metode pada tahun kabisat pertama kali diperkenalkan oleh Paus Gregorius XIII pada tahun 1582 Masehi yang merupakan pengembangan dari penemuan astronom bernama Sosigenes Alexandria di masa Julius Caesar.



Dari  penemuan tersebut, Sosigenes Alexandria mengungkapkan bahwa revolusi bumi terhadap matahari memerlukan waktu selama 365 hari, 5 jam, 48 menit, dan 5 detik.

Halaman:

Editor: Aziz Abdillah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x