4 Fenomena Matahari Terjadi Tahun 2023 Lengkap Jadwal Kapan Terjadi Peristiwa Langit

- 1 Januari 2023, 19:07 WIB
Informasi mengenai fenomena matahari belum banyak disadari terjadi Pada 2022. Berikut rangkaian fenomena matahari yang akan terjadi pada 2023, paling dekat terjadi pada 4 Januari 2023.
Informasi mengenai fenomena matahari belum banyak disadari terjadi Pada 2022. Berikut rangkaian fenomena matahari yang akan terjadi pada 2023, paling dekat terjadi pada 4 Januari 2023. /PIXABAY/@TheDigitalArtist

BERITA DIY - Simak informasi mengenai belum banyak disadari terjadi pada 2022. Berikut rangkaian fenomena matahari yang akan terjadi pada 2023.

Pada pertengahan Desember 2022, masyarakat sempat dihebohkan dengan fenomena solstis matahari yang akan menjadi pertanda sebuah bencana. Informasi tersebut kemudian dibantah Organisasi Penerbangan dan Antariksa (ORPA).

Fenomena matahari merupakan fenomena alam yang terjadi di atmosfer bumi akibat interaksi antara Matahari dengan bumi. Fenomena matahari dapat dikenali dengan berbagai nama.

Selain seperti fenomena solstis yang terjadi pada 2022, fenomena matahari sangat beraragam di antaranya periapsis, apastron, ekuinoks, solstis, transekuatorial, aurora, flare matahari, protuberansi matahari, dan pencurian gas oleh bintang.

Baca Juga: 4 Fenomena Terjadi Jelang Natal dan Tahun Baru 2023, Apa Saja? BMKG Minta Mayarakat Waspada

Rangkaian fenomena matahari seperti solstis yang terjadi pada tahun 2022 merupakan fenomena yang diprediksi akan selalu terjadi pada tiap tahun. Untuk memberikan informasi mengenai fenomena matahari apa saja yang akan terjadi pada 2023. Simak informasi yang telah dirangkum BeritaDIY ini lebih lanjut.

Periapsis

Periapsis merupakan fenomena matahari yang terjadi ketika Matahari berada pada titik terdekatnya dengan bumi dalam orbitnya. Periapsis terjadi setiap tahun pada tanggal 3 Januari dan dikenal dengan nama "perihelion".

Pada saat periapsis, Matahari terlihat lebih besar dan lebih terang dari biasanya, namun tidak mempengaruhi suhu bumi secara signifikan.Pada tahun 2023, bumi dimungkinkan akan berada di lokasi perihelion pada tanggal 4 Januari Pukul 23.17 WIB. Dengan prediksi kedekatan jarak 147.098.925 kilometer.

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x