Fenomena Solstis 21 Desember 2022 Dilarang Keluar Rumah? Ini Penjelasan Penyebab dan Dampak dari LAPAN

- 20 Desember 2022, 14:38 WIB
Ilustrasi - Fenomena Soltis pada tanggal 21 Desember 2022 dilarang keluar rumah? Berikut ini penjelasan resmi terkait penyebab dan dampak dari LAPAN.
Ilustrasi - Fenomena Soltis pada tanggal 21 Desember 2022 dilarang keluar rumah? Berikut ini penjelasan resmi terkait penyebab dan dampak dari LAPAN. /Unsplash/Javier Miranda

BERITA DIY - Simak informasi fenomena Soltis pada tanggal 21 Desember 2022 dilarang keluar rumah? Berikut ini penjelasan resmi terkait penyebab dan dampak dari Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN).

Belum lama ini beredar himbauan larangan berupa tidak boleh keluar rumah pada tanggal 21 Desember 2022 yang viral di kalangan masyarakat.

Himbauan dilarang keluar rumah ini berkaitan dengan fenomena astronomis yang akan terjadi, yaitu Solstis.

Benarkah himbauan dilarang keluar rumah tersebut? Simak penjelasan LAPAN terkait fenomena Solstis ini.

Baca Juga: Apa Itu Solstis dan Apa yang Terjadi Pada 21 Desember? Ini Dampak Fenomena Solstis Desember 2022

Dilansir dari akun instagram resmi LAPAN yaitu @lapan_ri, fenomena Solstis akan terjadi pada 22 Desember 2022 sekitar pukul 04:49 WIB.

Solstis berasal dari bahasa Latin yaitu Solstitium yang terdiri dari dua kata yaitu Sol (Matahari) dan Stitium (tempat berhenti, singgah, balik).

Sehingga Solstis dapat juga dikatakan sebagai "Titik Balik Matahari", yaitu Matahari bereda di paling Utara atau Selatan dalam gerak semu tahunannya.

Solstis merupakan fenomena astronimis biasa yang kerap terjadi pada bulan Juni dan Desember.

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x