Penjelasan Ilmiah Fenomena Solstis 22 Desember 2022, Benarkah Tidak Boleh Keluar Rumah? Ini Dampak Solstis

- 21 Desember 2022, 09:40 WIB
Baca penjelasan ilmiah fenomena Solstis 22 Desember 2022, benarkah tidak boleh keluar rumah? Ini dampak Solstis.
Baca penjelasan ilmiah fenomena Solstis 22 Desember 2022, benarkah tidak boleh keluar rumah? Ini dampak Solstis. / PIXABAY/@wintersetler

BERITA DIY- Simak ini penjelasan ilmiah fenomena Solstis 22 Desember 2022, benarkah tidak boleh keluar rumah? Ini dampak fenomena astronomi Solstis.

Saat ini sedang ramai menjadi perbincangan warganet terkait fenomena astronomi Solstis. Beredar informasi bahwa tanggal 22 Desember 2022 tidak boleh keluar rumah.

Benarkah fenomena Solstis yang akan terjadi besok menyebabkan masyarakat tidak boleh keluar rumah berikut penjelasan ilmiahnya.

Solstis atau fenomena Solstis adalah salah satu fenomena astronomi yang kerap kali terjadi setiap tahun sekitar bulan Juni dan Desember.

Baca Juga: Fenomena Solstis 21 Desember Adalah Apa, Cek Fakta Tak Boleh Keluar Rumah Saat Siang Hari, Ini Kata Ahli

Berdasarkan informasi yang dirilis oleh brin.go.id, Solstis merupakan fenomena astronomi biasa. Kata Solstis asalnya dari bahasa Latin yaitu Sol dan Stitium.

Sol artinya Matahari dan Stitium atau Sistere adalah tempat berhenti, sehingga Solstis diartikan sebagai titik balik Matahari.

Solstis juni terjadi ketika sumbu rotasi Bumi mengalami kemiringan sampai 23,44 derajat sehingga menyebabkan kutub utara dan belahan Bumi utara condong ke matahari.

Kemudian sebaliknya Solstis yang terjadi di bulan Juni ini akan menyebabkan kutub selatan atau belahan Bumi selatan menjauh dari Matahari.

Halaman:

Editor: F Akbar

Sumber: brin.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x