1,6 Juta Guru Diputihkan Sertifikasi PPG Langsung Terima Tunjangan, Kemdikbud Tetapkan Segini Nominal TPG 2023

- 18 Februari 2023, 09:51 WIB
Ilustrasi - 1,6 juta guru akan diputihkan dari sertifikasi dan PPG langsung terima tunjangan. Segini nominal TPG 2023 yang ditetapkan Kemdikbud.
Ilustrasi - 1,6 juta guru akan diputihkan dari sertifikasi dan PPG langsung terima tunjangan. Segini nominal TPG 2023 yang ditetapkan Kemdikbud. /JESSICA HELENA WUYSANG/ANTARA FOTO

BERITA DIY - Simak info 1,6 juta guru akan diputihkan dari sertifikasi dan PPG untuk bisa langsung terima tunjangan. Berikut nominal TPG 2023 yang ditetapkan Kemdikbud Ristek.

Sebanyak 1,6 juta guru memang direncanakan mendapat pemutihan sertifikasi dan PPG untuk mendapat tunjangan. Hal ini termasuk rencana Kemdikbud jika RUU Sisdiknas disahkan.

Kemdibud menilai sertifikasi dan PPG yang menjadi syarat mendapat tunjangan profesi guru (TPG) memberatkan. Seharusnya, guru ASN yang sudah mengajar bisa langsung dapat tunjangan.

"Ini yang ingin kita koreksi. Seharusnya semua guru yang menjalankan tugas sebagai guru otomatis mendapat penghasilan yang layak, tanpa harus antre PPG dan menunggu tersertifikasi terlebih dahulu,” kata Kepala BSKAP Kemdikbud Ristek Anindito Aditomo dikutip dari Antara.

Baca Juga: Tunjangan Guru 2023 Beda dari TPG, 1 Kali Gaji Cair untuk Guru Non Sertifikasi di 5 Daerah Ini, Cek DI SINI

Kemdikbud mencatat sekitar 1,6 juta guru ASN belum sertifikasi dan PPG karena harus antre panjang. Pemutihan syarat tersebut menurut Kemdikbud adalah solusi.

Nantinya guru ASN mendapatkan tunjangan sertifikasi sesuai dengan UU ASN dan UU Ketenagakerjaan. Adapun tunjangan yang bisa didapatkan bisa mencapai Rp 20 juta.

Hal tersebut pun membuat Kemdikbud tidak memasukkan perihal TPG di RUU Sisdiknas yang saat ini masih pembahasan dan belum disahkan.

Halaman:

Editor: F Akbar

Sumber: Kemdikbud ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x