Niat Puasa Sunnah Bulan Rajab dan Senin Kamis pada Senin 23 Januari dalam Bahasa Arab, Latin, dan Artinya

- 23 Januari 2023, 05:24 WIB
Bacaan doa niat puasa sunnah bulan Rajab dan Senin Kamis dalam bahasa Arab, Latin, dan artinya yang akan jatuh pada Senin, 23 Januari 2023 mendatang.
Bacaan doa niat puasa sunnah bulan Rajab dan Senin Kamis dalam bahasa Arab, Latin, dan artinya yang akan jatuh pada Senin, 23 Januari 2023 mendatang. /PEXELS/khats cassim

BERITA DIY – Simak bacaan doa niat puasa sunnah bulan Rajab yang akan jatuh pada hari Senin, 23 Januari dalam bahasa Arab, Latin, dan artinya.

Sebentar lagi, umat Islam di Indonesia akan memasuki bulan Rajab atau bulan ketujuh dalam penanggalan Islam yang akan jatuh pada Senin, 23 Januari 2023 mendatang.

Bulan Rajab merupakan salah satu bulan yang disucikan atau termasuk dalam Al-asyhur Al-hurum bersama beberapa bulan lain, seperti Muharram, Dzulqadah, dan Dzulhijjah.

Dalam bulan tersebut, Allah SWT memerintahkan kepada umat Islam untuk menjauhkan diri dari tindakan menganiaya diri, salah satunya dengan melarang peperangan di empat bulan tersebut.

Baca Juga: Niat Puasa Rajab, Qadha Ramadhan, dan Puasa Senin Kamis Arab, Latin, dan Artinya Indonesia 23 Januari 2023

Hal ini terkutip dalam firman Allah di dalam Al Quran yang berbunyi:

إِنَّ عِدَّةَ الشُّهُورِ عِنْدَ اللَّهِ اثْنَا عَشَرَ شَهْراً فِي كِتَابِ اللَّهِ يَوْمَ خَلَقَ السَّمَاوَاتِ وَالأَرْضَ مِنْهَا أَرْبَعَةٌ حُرُمٌ ذَلِكَ الدِّينُ الْقَيِّمُ فَلا تَظْلِمُوا فِيهِنَّ أَنْفُسَكُمْ  

“Sesungguhnya bilangan bulan pada sisi Allah adalah dua belas bulan, dalam ketetapan Allah di waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang  lurus, maka janganlah kamu menganiaya diri kamu dalam bulan yang empat itu.” (QS: At-Taubah/9: 36).

Khusus untuk bulan Rajab, keutamaaan bulan ini juga sempat disinggung oleh Nabi Muhammad SAW dalam hadist di kitab Jami’ul Alhadits yang berbunyi:

Halaman:

Editor: Aziz Abdillah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x