Teks Niat Puasa Sunnah Bulan Rajab Arab, Latin dan Artinya Serta Kapan Waktu Dibaca

- 22 Januari 2023, 08:42 WIB
Ilustrasi. Teks bacaan niat puasa sunnah bulan Rajab dalam Arab, latin dan artinya serta jadwal puasa Rajab serta kapan waktu niat puasa Rajab dibaca.
Ilustrasi. Teks bacaan niat puasa sunnah bulan Rajab dalam Arab, latin dan artinya serta jadwal puasa Rajab serta kapan waktu niat puasa Rajab dibaca. /UNSPLASH/Rauf Alvi

 

BERITA DIY - Berikut teks tulisan niat puasa sunnah bulan Rajab dalam Arab, latin dan artinya serta jadwal puasa Rajab kapan waktu dibaca.

Dalam kalender Masehi, 1 Rajab 1444 Hijriah jatuh pada tanggal 23 Januari 2023. Adapun jadwal puasa sunnah bulan Rajab dilakukan pada tanggal 1-10 Rajab 1444 H.

Secara sunnah, puasa Rajab bisa dilakukan sehari atau hingga sepuluh hari karena tidak ada ketentuan jumlahnya. Hukumnya jadi makruh jika dilaksanakan selama satu bulan penuh.

Dilansir dari jatim.nu.or.id, waktu yang tepat untuk melaksanakan puasa sunnah bulan Rajab yakni pada ayyâmul bîdh (tanggal 13, 14, dan 15), hari Senin dan Kamis.

Baca Juga: Kapan Jadwal Puasa Rajab 2023 Dimulai? Ini Tata Cara dan Bacaan Niat: Arab, Latin, dan Artinya

Untuk umat Islam yang akan berpuasa sunnah dianjurkan membaca niat terlebih dahulu. Adapun niat puasa Rajab ada di artikel ini.

Kapan waktu baca niat puasa Rajab bisa dilakukan pada pagi dan malam hari. Bisa pula pada siang hari sebelu Dzuhur asal belum makan dan minum atau melakukan hal-hal yang membatalkan puasa.

Dan, untuk orang yang masih memiliki utang puasa Ramadhan, diperbolehkan mengqadhanya bersamaan puasa sunah Rajab. Menurut Sayyid Bakri Syattha’ (w. 1892 M.) mengutip fatwa Al-Barizi, andaikan puasanya hanya niat qadha, maka otomatis juga memperoleh kesunnahan puasa Rajab.

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x